Terkendala Masalah Airbag, Toyota Recall Veloz, Avanza, dan Raize di Indonesia
Toyota Raize GR saat ditampilkan dalam pameran GJAW 2023. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Distributor kendaraan Toyota di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM), mengumumkan penarikan kembali kendaraan Veloz, Avanza, dan Raize.

Recall dilakukan pada ketiga kendaraan yang merupakan produksi Desember 2022-Januari 2023. Penyebab recall dipicu permasalahan ECU Airbag sehingga komponen tersebut perlu dicek ataupun diganti.

Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, mengatakan bahwa program recall dilakukan agar memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pelanggan maupun pengguna mobil Toyota di Indonesia.

"Pemilik model-model yang disebutkan di atas, disarankan untuk menghubungi Toyota atau datang ke jaringan diler Toyota terdekat agar dilakukan pengecekan pada ECU Airbag kendaraannya, dan jika dibutuhkan melakukan pergantian komponen ECU Airbag di bengkel resmi Toyota," kata Henry dalam keterangan resmi, Senin, 5 Juni.

Diketahui airbag pada model Veloz, Raize, dan Avanza produksi Desember 2022 hingga Januari 2023, berpotensi mengalami malfungsi pada salah satu kapasitor ECU Airbag yang menyebabkan airbag tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

Teknisi akan melakukan pengecekan dan pengerjaan selama sekitar satu jam. Untuk mengetahui apakah kendaraan terdampak atau tidak, dapat mengecek pada laman www.toyota.astra.co.id/ssc untuk melakukan pengecekan nomor rangka.

Bila sudah dipastikan bahwa kendaraan pelanggan terdampak, pemilik kendaraan dapat melakukan booking service terlebih dahulu agar teknisi mempersiapkan peralatan sebelum mobil diperbaiki. Seluruh proses tidak dipungut biaya.

Pengguna kendaraan juga bisa menghubungi jaringan diler resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh Indonesia, melalui layanan telepon Toyota Customer Care 24 Jam 1-500-315.