Hyundai Bakal Bangun Kendaraan Penjelajah Bulan pada 2027
Gambaran kendaraan penjelajah bulan milik Hyundai (sumber Hyundai)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan otomotif saat ini sedang mengembangkan beberapa inovasi terbaru pada produk mereka. Bahkan, mereka berani untuk menciptakan inovasi yang diluar akal sehat manusia, seperti menciptakan kendaraan untuk menjelajah di bulan.

Beberapa waktu lalu, perusahaan otomotif asal Jerman, Opel mengumumkan akan menggarap program penyedia mobil untuk pariwisata di bulan dengan Opel Corsa Moon II yang diperkirakan akan meluncur pada pertengahan dekade ini.

Pabrikan lainnya tidak mau kalah dalam menciptakan kendaraan yang dapat berjalan di bulan. Hyundai Motor Group (HMG) mengumumkan bahwa mereka sedang menyiapkan kendaraan penjelajah bulan.

Mereka merencanakan akan menyelesaikan model awal pada paruh kedua 2024. HMG mengharapkan mobil penjelajah bulan tersebut dapat diluncurkan pada 2027 mendatang.

Yong Wha Kim, selaku Executive Vice President and Head of R&D Planning & Coordination Center of Hyundai and Kia, mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan kontribusi demi memperluas jangkauan dan ruang lingkup mobilitas manusia dengan menciptakan kendaraan penjelajah di bulan.

"Hyundai Motor Group secara konsisten menyatakan tujuannya adalah untuk berkontribusi memperluas jangkauan manusia dan ruang lingkup pengalaman mobilitas manusia," ujar Yong Wha Kim dalam keterangan resminya, Rabu, 19 April.

"Penciptaan model pengembangan mobilitas eksplorasi bulan tidak hanya mencerminkan tujuan ini, tetapi juga menunjukkan ambisi kami untuk mencapai hasil yang nyata dalam menghadapi tantangan yang signifikan. Dengan pengembangan rover, kami bergerak melampaui mobilitas darat, laut, dan udara untuk berkembang menjadi mobilitas luar angkasa," ucapnya.

Nantinya komponen mobil penjelajah bulan atau Rover tersebut berasal dari Hyundai dan Kia. Tentunya, mobil tersebut akan menampilkan beberapa teknologi mutakhir yang disesuaikan untuk perjalanan di bulan.

Mobil tersebut akan dilengkapi komponen dari HMG pada bagian bawahnya. Lalu, pada bagian atas dilengkapi muatan yang dapat melakukan penggalian serta perjalanan di bulan.

Rover tersebut akan memiliki kemampuan manajemen termal dan pelindung radiasi agar dapat bertahan di lingkungan luar angkasa. Pihak pabrikan juga mengharapkan dapat mendaratkan mobilnya di dekat area kutub selatan bulan.

Kendaraan ini nantinya akan disematkan energi bertenaga surya dan memiliki sistem mengemudi otonom. Sebelum diluncurkan di bulan, pihak HGM akan melakukan pengujian di area yang menyerupai lingkungan dan permukaan bulan.