Tips Mencegah Kulit Kering Saat Puasa, dari Minum Air Putih hingga Hindari Iritan
Ilustrasi puasa (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat puasa, tubuh kekurangan cairan. Kondisi itu berdampak pada kulit kering. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ikuti tips mencegah kulit kering saat puasa agar tetap sehat dan terlihat cantik.

Tips Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

Kulit kering saat puasa cukup menganggu penampilan. Selain itu kondisi tersebut juga akan mengganggu kesehatan kulit. Berikut ini beberapa tips mencegah kulit kering ketika puasa.

  1. Minum Air Putih Cukup saat Sahur dan Buka

Salah satu cara merawat kulit adalah minum air putih cukup. Usahakan untuk mencukupi kebutuhan air. Kebutuhan ini bisa dicukupi dengan minum air putih cukup saat buka puasa hingga sahur. Perlu diketahui, manusia membutuhkan air rata-rata 2,7 liter (perempuan) dan 3,7 liter (laki-laki).

  1. Jaga Makan

Saat buka maupun sahur hindari makanan yang terlalu banyak gula. Selain itu usahakan untuk minum buah dan sayur. Hindari makanan yang tidak sehat seperti gorengan atau makanan cepat saji lainnya. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan mengandung antioksidan.

  1. Istirahat Cukup

Saat puasa akan terjadi perubahan pola tidur sehingga memperhatikan istirahat agar tetap cukup dan berkualitas. Hindari begadang karena Anda harus sahur pada pukul 3 pagi. Kurang tidur akan membuat kulit kusam dan kering.

  1. Pakai Sabun Mandi yang Cocok

Hindari menggunakan sabun yang memicu kulit kering. Sabun mandi juga punya dampak kesehatan kulit. Gunakan moisturizer setelah mandi jika perlu.

  1. Pakai Pelembab

Memenuhi kebutuhan air minum saja tidak cukup. Atasi kulit kering saat puasa dengan mengenakan pelembab khusus untuk kulit. Gunakan pelembap secara teratur khususnya jika akan beraktivitas di luar ruangan. Hindari menggunakan pelembab yang mengandung alkohol atau bahan keras lain yang memicu kulit makin kusam.

  1. Gunakan Sunscreen saat di Luar Ruangan

Sinar matahari jadi salah satu pemicu kulit kering khususnya saat puasa. Untuk mencegah kulit kering saat puasa karena matahari jangan lupakan sunscreen. Saat puasa kulit akan sangat rentan dengan sinar UV sehingga kulit akan mudah kering.

  1. Usahakan Ruangan Tetap Lembab

Kelembapan udara di ruangan seperti kamar tidur atau ruangan di kantor perlu dijaga agar tidak terlalu panas. Ruangan yang panas dan kering akan memicu kulit mudah kering, bahkan memicu bibir kering dan pecah-pecah. Untuk menjaga kelembapan udara di ruangan Anda bisa menggunakan humidifier. Jangan pakai AC terlalu sering karena akan memicu kulit makin kering.

  1. Hindari Alergen dan Iritan

Selama puasa usahakan untuk menghindari alegen dan iritan seperti hindari mengenakan pakaian wol atau berenang di air tinggi klorin. Dua hal tersebut dapat membuat kulit kering.

Disarankan pula untuk mengetahui langkah mencegah dan merawat kulit kering agar tetap sehat dan terjaga.

Itulah beberapa tips mencegah kulit kering saat puasa. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.