Wajib Disimak! Inilah 6 Manfaat Memenuhi Kebutuhan Air Putih Saat Puasa
Ilustrasi air putih (ExplorerBob-Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Memenuhi kebutuhan air putih saat puasa ternyata sangat penting. Hal ini dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan ketika menahan lapar dan haus selama kurang lebih 13 jam.

Saat menjalakan puasa Ramadan, Anda disarankan untuk mengatur pasokan cairan di dalam tubuh. Sama seperti hari biasa, asupan cairan saat berpuasa dianjurkan tidak kurang dari 2 liter dalam sehari. Volume tersebut kurang lebih setara dengan 8 gelas air putih. Jika melakukan aktivitas yang banyak menguras keringat, maka kebutuhan cairan bisa lebih tinggi.

Apabila jumlah asupan cairan saat puasa kurang, Anda akan mengalami dehidrasi, bibir kering dan pecah-pecah, dan merasa lemas.

Memenuhi kebutuhan air putih saat puasa tidak hanya menghindarkan Anda dari penyakit, namun juga membuat puasa Anda berjalan lancar.

Manfaat Memenuhi Kebutuhan Air Putih Saat Puasa

Dikutip dari laman Yankes Kemenkes, Selasa, 21 Maret 2023, berikut manfaat memenuhi kebutuhan air putih saat puasa:

  1. Menyehatkan saluran Pencernaan

Konsumsi air putih yang cukup saat berpuasa dapat menyehatkan saluran pencernaan. Terlebih keluhan sembelit dan sakit maag kerap terjadi selama bulan puasa.  

Chloride yang terkandung dalam air mineral dapat mendukung kerja lambung serta meningkatkan kerja usus dan produksi empedu untuk mengolah makanan. Dengan demikian, sistem kerja saluran pencernaan akan menjadi lebih optimal.

Tak hanya itu, air juga dapat melancarkan usus besar, sehingga Anda dapat terhindar dari sembelit saat puasa.  

  1. Menjaga energi dalam tubuh

Minum air putih yang cukup ketika puasa dapat menjaga energi tubuh. Kekurangan cairan dapat membuat tubuh merasa lemas, mudah lelah, dan tidak berenergi. Saat berbuka puasa minum air putih bisa membuat tubuh langsung aktif. Ini merangsang sel darah merah untuk tumbuh lebih cepat yang menghasilkan lebih banyak oksigen dan energi.

  1. Mencegah dehidrasi

Konsumsi air putih yang cukup juga membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Minum air putih yang cukup dapat mencegah dehidrasi setelah menahan haus seharian. Air putih sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

  1. Menjaga metabolisme tubuh

Memenuhi kebutuhan air putih saat puasa membuat metabolisme tubuh tetap terjaga. Hal ini karena kandungan mangan, krom, dan magnesium dalam air mineral mampu membantu membuat metabolisme nutrisi yang didapat dari makan sahur dan buka lebih optimal.

Kendati demikian, tetap pastikan untuk aktif bergerak dan rutin olahraga supaya metabolisme tubuh meningkat.

Selain itu, Anda juga harus tetap cukup istirahat, konsumsi makanan sehat, dan mengindari stres.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air mineral selama berpuasa dapat menjaga kesehatan kulit.

Minum air putih sebanyak 8 gelas per hari membantu memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit sekaligus meningkatkan elastisitas kulit, sehingga sehingga membuat kulit tampak sehat dan kenyal.

  1. Membantu mengeleminasi racun di dalam tubuh

Minum air hangat saat buka puasa dapat mendetoksifikasi racun di dalam tubuh. Konsumsi air panas dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat Anda berkeringat.

Berkeringat merupakan salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan racun yang secara tidak sengaja, masuk ke dalam tubuh.

Selain lewat keringat, racun juga dapat dieleminasi lewat urin. Semakin banyak minum air, semakin banyak urin yang dikeluarkan untuk mendetoksifikasi tubuh.

Demikian informasi tentang manfaat memenuhi kebutuhan air putih saat puasa. Baca terus VOI.ID untuk mendapatkan berita menarik lainnya.