Lari Pagi Jam Berapa? Inilah Waktu yang Ideal dan Tips Menjalaninya secara Rutin
lari pagi jam berapa (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Memulai hari bisa dilakukan dengan berolahraga ringan seperti lari pagi. Banyak orang bertanya-tanya sebaiknya lari pagi jam berapa? Kegiatan jogging memberikan banyak manfaat penting bagi kesehatan fisik maupun mental, apalagi jika dilakukan secara rutin. 

Lari atau jogging pagi biasanya dilakukan sebelum memulai aktivitas bekerja atau bersekolah maupun saat weekend atau hari libur. Banyak orang memilih jogging waktu pagi karena tubuh masih bugar dan pikiran fresh. Selain itu, kegiatan fisik juga membantu tubuh Anda lebih siap menjalani hari. Lantas sebaiknya melakukan lari pagi jam berapa?

Waktu yang Tepat untuk Lari Pagi

Lari atau jogging merupakan olahraga ringan yang bisa dilakukan di pagi hari demi menjaga kesehatan tubuh. Selain meningkatkan kebugaran fisik, Anda juga akan mendapat banyak manfaat dari lari pagi yaitu menjaga kesehatan jantung, menguatkan daya tahan tubuh, dan lainnya. 

Jogging pagi idealnya dilakukan pada pukul 05.30 hingga 07.00 WIB. Jadi untuk bisa menjalani olahraga jogging di waktu yang tepat, Anda perlu bangun lebih awal. Apabila terlambat bangun atau kesiangan, Anda masih bisa jogging pada rentang jam 8-9 pagi. 

Tips Lari Pagi

Namun sebelum memulai jogging, Anda perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Anda bisa melakukan peregangan untuk mempersiapkan otot-otot bekerja, terutama di bagian kaki. Selain menyiapkan fleksibilitas otot, langkah ini juga membantu Anda menghindari risiko cedera. 

Supaya kegiatan jogging bisa nyaman dan maksimal, pakailah pakaian yang mudah menyerap keringat dan sepatu lari dengan ukuran yang pas. Anda juga dapat memakai jam tangan atau smartwatch untuk memantau aktivitas lari Anda. 

Saat memulai jogging bagi, sebaiknya berlari secara perlahan dan dengan tempo santai terlebih dahulu untuk menyesuaikan kinerja tubuh. Setelah beberapa menit atau meter, Anda bisa meningkatkan kecepatan lari. 

Jika sudah menempuh jarak cukup jauh atau setengah rute katakanlah, sesuaikan ritme lari dengan kemampuan Anda. Jika rute yang dilalui cukup panjang, Anda bisa beristirahat sejenak di tengah perjalanan. 

Manfaat Lari Pagi

Meski olahraga lari pagi termasuk aktivitas ringan atau tidak gerakan berat, namun banyak sekali manfaat yang bakal Anda peroleh. Jogging yang dilakukan di pagi hari dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Lari di pagi hari juga berperan dalam membakar kalori lebih banyak. 

Selain itu, olahraga pagi juga memberi pengaruh baik bagi suasana hati atau mood. Dengan menjalani olahraga sebelum beraktivitas, maka mood Anda akan terjaga dengan baik dibandingkan Anda bangun kesiangan atau tidak melakukan kegiatan lebih dahulu. Lari pagi yang mulai dilakukan secara rutin ternyata juga membantu menjaga motivasi berolahraga. Anda jadi mempunyai jadwal olahraga yang lebih konsisten dan disiplin. 

Berikut ini sejumlah manfaat lari pagi bagi kesehatan fisik maupun mental:

  • Menjaga kesehatan jantung serta membuat kinerja jantung lebih kuat karena kegiatan lari dapat memperlancar peredaran darah dan pernafasan.
  • Melancarkan sistem pencernaan dan membantu menghindari masalah pencernaan.
  • Menetralkan depresi dan mengurangi tingkat stres.
  • Meningkatkan konsentrasi bekerja dan belajar.
  • Membantu membakar lemak dan mencegah obesitas atau kegemukan.
  • Membantu mengatasi masalah nafsu makan.
  • Mengencangkan otot paha, kaki, dan pinggul
  • Membantu tidur lebih nyenyak atau berkualitas.
  • Membentuk mood atau suasana hati yang baik

Demikianlah ulasan sebaiknya lari pagi jam berapa dan sejumlah manfaatnya. Anda bisa membuat agenda lari pagi secara rutin sebelum berangkat bekerja atau ke sekolah. Lari pagi tidak perlu dengan kecepatan tinggi dan jarak jauh. Anda bisa melakukan lari kecil atau jogging dengan jarak tempuh semampunya, yang terpenting disiplin dan konsisten menjalaninya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.