10 Tanaman yang Cocok Jadi Dekorasi Dapur, Bikin Suasana Ruangan Makin Segar
Ilustrasi (Ali Elshabrawi/The Spruce)

Bagikan:

JAKARTA - Menambahkan tanaman hias dalam ruangan jadi cara cepat dan mudah mempercantik dekorasi. Dan jika menyangkut dapur, meletakkan tanaman di dalamnya juga memiliki beberapa kegunaan praktis. Tanaman yang tepat dapat membantu menjernihkan udara, menambah percikan warna, atau bahkan bisa dimanfaatkan sebagai tambahan bumbu dapur.

Penting diingat bahwa tidak ada satu tanaman pun yang dapat tumbuh subur di dapur. Karena setiap ruangan memiliki kondisi cahaya, kelembapan, dan suhu yang unik. Namun, 10 tanaman hias ini bisa Anda pertimbangkan dijadikan dekorasi di dapur.

Photos

Pothos (Epipremnum aureum) atau sirih gading merupakan salah satu tanaman hias yang paling mudah dirawat, disadur dari The Spruce, Kamis, 5 Oktober. Tanaman ini beradaptasi dengan baik pada berbagai kondisi cahaya berbeda dan dianggap relatif toleran terhadap kekeringan. Selain itu, photos bisa menjadi tanaman gantung yang sangat bagus sehingga tidak memakan ruang lebih di dapur Anda.

Philodendron

Philodendron adalah genus tanaman hias dengan perawatan rendah yang juga cantik diletakkan di pot gantung. Mirip dengan sirih gading, mereka dianggap relatif tahan kekeringan dan dapat tumbuh dalam cahaya tidak langsung terang hingga sedang. Tanaman dedaunan ini memiliki beragam bentuk dan warna dan terkenal sebagai pembersih udara yang baik.

Herba

Menanam herba atau rempah-rempah di dapur bisa jadi pilihan tepat, sebab tidak ada yang lebih baik daripada memasak dengan herba segar, organik, yang ditanam sendiri. Selama dapur Anda memiliki lokasi yang menerima sinar matahari langsung dan terang hampir sepanjang hari, tanaman herbal akan tumbuh dengan mudah.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menanam herba dengan bantuan lampu tanam. Varietas herba yang mudah ditanam di dalam ruangan antara lain daun bawang, peterseli, mint, timi, rosemary, basil, oregano, dan daun ketumbar.

Sukulen

Jika Anda memiliki ambang jendela dapur yang selalu diterangi matahari, sukulen adalah pilihan yang bagus. Istilah 'sukulen' digunakan untuk menggambarkan tanaman yang menyimpan air dalam daun dan/atau batang, yang menjadikannya tahan kekeringan dan umumnya rendah perawatan. Ada ratusan jenis sukulen yang hadir dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran yang menakjubkan. Spesies sukulen populer termasuk echeveria, haworthia, lidah buaya, crassula, kalanchoe, dan sedum.

Spider Plant

Tanaman laba-laba (Chlorophytum) termasuk tanaman hias yang paling mudah dirawat. Spider plants, begitu nama lain tanaman laba-laba merupakan tanaman gantung yang bagus. Saat kondisi baik, tanaman ini akan berbunga dan mengeluarkan cabang dengan subur. Hindari menempatkan tanaman laba-laba di tempat yang terkena cahaya langsung karena akan menyebabkan daunnya terbakar.

Snake Plant

Snake plant, disebut juga tanaman lidah mertua merupakan tanaman satu dari sekian banyak tanaman hias populer. Tanaman ini hadir dalam berbagai warna, bentuk, dan ukuran yang berbeda dan umumnya rendah perawatan. Tanaman ini tumbuh dengan baik dalam kondisi terang hingga rendah cahaya.

Rubber Tree (Ficus Elastica)

Jika Anda mencari tanaman besar untuk dapur, pohon karet (Ficus elastica) adalah pilihan yang tepat. Kerabat ara daun biola ini dapat beradaptasi dengan berbagai macam kondisi pertumbuhan dan dapat tumbuh menjadi pohon berukuran penuh di habitat aslinya. Jika ditanam di dalam ruangan, pemangkasan teratur akan menjaga ukuran dan bentuknya tetap terkendali. Pilih dari beberapa varietas berbeda untuk mencocokkan pohon Anda dengan warna dan desain dapur Anda.

Coffee Plant (Coffea Arabica)

Baik Anda pecinta kopi atau bukan, tanaman kopi (Coffea Arabica) bisa menjadi tambahan bagus untuk dapur mana pun. Meskipun kecil kemungkinan Anda benar-benar dapat memanen biji kopi dari tanaman dalam ruangan, daun mengkilap dan struktur tumbuhan yang padat membuatnya tetap menarik. Tanaman kopi membutuhkan cahaya terang dan tidak langsung serta penyiraman sering agar bisa tumbuh subur.

ZZ Plant

Jika Anda mencari tanaman hias untuk dekorasi dapur yang minim perawatan, coba pilih tanaman ZZ , yang juga dikenal sebagai "permata zanzibar". Tanaman hias eksotis ini sangat mudah beradaptasi dan dapat tumbuh subur dalam kondisi cahaya redup dan terang. Ditambah lagi, karena tumbuhnya dari rimpang, tanaman ini tidak perlu disiram secara reguler.

African Violet

Bagi Anda yang senang menikmati tanaman berbunga, bunga violet Afrika (Saintpaulia) adalah pengganti tanaman hias yang sempurna! Bunga violet Afrika akan berbunga hampir sepanjang tahun dan tersedia dalam beberapa warna indah. Tanaman hias berwarna ungu ini menikmati cahaya terang dan tidak langsung serta sering disiram.

Sedikit tips, penting mempertimbangkan kondisi cahaya dan kelembapan dapur Anda saat memilih tanaman hias guna memberi aksen pada ruangan. Meski 10 tanaman yang dibahas dalam artikel ini merupakan tambahan bagus untuk dapur, ada beberapa yang membutuhkan lebih banyak cahaya daripada yang lain. Pastikan Anda memilih tanaman yang bisa tumbuh subur di ruangan unik Anda!