6 Jenis Tanaman Sukulen yang Bisa Tumbuh Tanpa Matahari
Ilustrasi (Alan Cabello/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Berbicara tentang sukulen yang bisa tumbuh tanpa matahari, bukan berarti tanaman ini bisa bertahan dalam kondisi gelap total. Tapi, menyiratkan bahwa sukulen ini tumbuh subur dalam kondisi cahaya yang lebih sedikit dibandingkan jenis sukulen lain yang membutuhkan sinar matahari terus-menerus untuk tumbuh subur.

Kemampuannya tumbuh di tempat minim sinar matahari menjadikannya pilihan populer. Sebagai tanaman hias dalam ruangan hingga tempat dengan cahaya tidak langsung sepanjang hari.

Snake Plant (Sansevieria)

Snake plant merupakan bintangnya tanaman hias dalam ruangan yang mampu tumbuh dengan pencahayaan redup dan juga cukup ampuh dalam memurnikan udara. Daunnya yang seperti pedang tumbuh subur dalam kondisi cahaya redup.

Tanaman ZZ (Zamioculcas zamiifolia)

Jika Anda mencari tanaman sukulen dengan perawatan rendah dan bisa ditempatkan di ruangan dengan penerangan redup, maka Anda harus menanam tanaman ZZ. Daunnya yang mengilap tetap mempertahankan pesonanya tidak peduli seberapa sedikit atau banyak cahaya yang didapat.

Haworthia

Haworthia adalah tanaman kecil yang menyenangkan yang sering disalahartikan sebagai lidah buaya karena kemiripannya. Daunnya yang hijau dan runcing tumbuh subur di ruangan dengan pencahayaan redup.

Ponytail Palm (Beaucarnea recurvata)

Meski bukan pohon palem asli, namun karena batang tumbuhan ponytail palm yang bulat membuatnya jadi menyerupai pohon palem. Daunnya yang halus dan berjenjang dapat menambah nuansa tropis pada ruangan mana pun.

Aloe Vera

Meski bisa tetap tumbuh di tempat teduh, Anda perlu menjemurnya di bawah sinar matahari sesekali untuk mencegah etiolasi (meregang ke arah sumber cahaya), yang dapat membuat daunnya semakin panjang.

Euphorbia

Euphorbia Milii (Mahkota Duri), Euphorbia Trigona (Pohon Susu Afrika), dan Euphorbia tithymaloides adalah tanaman ‘bintang’ yang mampu bertahan dalam cahaya redup. Namun, seperti lidah buaya, mereka terkadang membutuhkan sedikit paparan sinar matahari langsung.