Tanaman Hias yang Cocok Ditaruh di Jendela untuk Percantik Rumah
Ilustrasi (Tara Winstead/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tanaman hias yang cocok ditaruh di jendela biasanya membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh subur. Bersama dengan air, cahaya adalah elemen terpenting dalam menumbuhkan tanaman yang sehat. Tanaman hias ini bisa mempercantik rumah dan memberi kesan asri.

Tanaman-tanaman ini bisa digantung di jendela atau ditaruh di pinggir jendela. Perawatan tanaman ini juga cukup mudah. Berikut 5 tanaman hias yang cocok ditaruh di jendela, melansir Liputan6, Jumat, 20 Agustus.

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman serbaguna yang bisa tumbuh dengan mudah. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan khusus. Lidah buaya bisa diletakkan di pinggir jendela atau digantung pada pot gantung. Lidah buaya bisa mentolerir sinar matahari penuh dan sangat tahan akan kekeringan.

Lidah mertua

Lidah mertua juga menjadi pilihan terbaik untuk tanaman hias di dalam maupun luar ruangan. Lidah buaya akan tumbuh subur dalam cahaya terang. Tanaman ini juga akan tumbuh dalam kondisi teduh. Jika beruntung, lidah mertua bisa menghadiahimu bunga putih yang harum.

Euphorbia trigona

African Milk Tree atau Euphorbia trigona merupakan jenis sukulen yang bisa mentolerir cahaya matahari yang kuat. Tanaman ini memiliki batang tegak dan jumlah cabang daun yang tumbuh ke atas. Meski bukan kaktus, sukulen ini memang menumbuhkan duri tajam. Tanaman ini berumur panjang dan dapat tumbuh sangat kuat. Euphorbia trigona juga sangat tahan kekeringan.

Croton

Croton atau puring merupakan tanaman hias yang sering ditemui di taman. Tanaman ini termasuk jenis perdu yang memiliki bentuk dan warna daun bervariasi mulai dari hijau, kuning, jingga, merah, ungu, serta campurannya. Tanaman hias ini juga cocok ditempatkan di ambang jendela rumah.

Tanaman ini cukup disirami saat permukaan tanah terasa kering. Tanaman puring membutuhkan suhu hangat untuk tumbuh subur dan mungkin akan mati jika suhu turun di bawah 15 derajat celcius.

Melati

Selain keindahan warna kembang sepatu, Anda juga bisa memberi keharuman di jendela. Jenis tanaman yang bisa menambah keharuman di rumah adalah melati. Melati putih memang sederhana tetapi memiliki bunga yang berlimpah.

Beberapa varietas juga mekar dalam warna merah muda. Tanaman melati menyukai sinar matahari yang terang tapi tidak langsung. Mereka membutuhkan kondisi lembap dan air yang teratur.