6 Tips Sukses Propagasi Tanaman Monstera Deliciosa dengan Air
Ilustrasi propagasi tanaman dengan air (Pexels/Alekke Blain)

Bagikan:

JAKARTA – Memperbanyak tanaman, khususnya jenis monstera deliciosa ada cara paling sederhana. Caranya dengan propagasi dengan air. Langkah ini banyak dipakai dan pada umumnya berhasil untuk membuat tanaman monstera semakin banyak.

Tertarik untuk mencoba teknik propagasi atau memperbanyak dengan memanfaatkan bagian dari tanaman induk yang bersifat aseksual? Berikut urutan caranya khususnya untuk tanaman monstera deliciosa.

1. Pilih batang yang tepat

Monstera merupakan tanaman yang bisa menumbuhkan akar dengan media tanam air. Maka, pilihlah batang yang ruasnya ada cincin kecokelatan. Pada umumnya ruas batang dengan cincin tersebut adalah daun tua. Kemudian potong bagian tersebut.

2. Siapkan air dalam botol atau pot bening

Air yang paling tepat untuk proses propagasi ialah yang tidak mengandung klorin. Letakkan air tersebut pada wadah, bisa berupa pot atau botol bening agar terlihat pertumbuhan akarnya. Kemudian masukkan ruas batang monstera di dalamnya.

Propagasi dengan air atau water propagation tanaman monstera, bisa memakan waktu kurang lebih 4 – 6 minggu.

3. Pastikan meletakkan dengan tegak

Menempatkan ruas batang dengan tegak bisa mempercepat pertumbuhan akar. Disamping itu untuk meminimalisir batang rusak.

4. Letakkan di tempat terpapar matahari tidak langsung

Meskipun monstera deliciosa menyukai matahari, tetapi tanaman berdaun menjari dan cantik ini tidak suka paparan cahaya yang terlalu panas. Maka Anda bisa meletakkan di jendela supaya tetap terpapar matahari tetapi tetap teduh serta sejuk.

5. Rutin ganti air

Setiap 3 – 5 hari sekali, propagasi dengan air butuh diganti. Airnya akan berubah kehijauan jika tidak rutin diganti. Ini disebabkan tumbuhnya lumut atau mikrobia dan apabila tidak diganti secara berkala bisa mengganggu proses propagasi monstera deliciosa.

Lebih penting lagi, perhatikan suhu air. Proses propagasi akan lebih mungkin berhasil dalam suhu ruangan.

6. Beri pupuk untuk mempercepat pertumbuhan akar

Pupuk cair yang telah dicampur dengan air ada yang bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan akar. Dilansir dalam laman Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian RI, propagasi dengan air bisa menambah nutrisi dengan pupuk cair.

Tidak hanya tanaman monstera deliciosa, propagasi dengan air juga bisa dilakukan pada tanaman hias suku talas-talasan, termasuk philodendron, teratai, dan sirih-sirihan.

Setelah tumbuh akar yang dirasa sudah kuat, Anda bisa memindahkannya dalam pot dengan media tanam campuran dari tanah, cocopeat, sekam, dan kompos.