Mengenal Jenis Tanaman Philodendron, Mana yang Termahal?
Ilustrasi jenis tanaman philodendron (Unsplash/Jennifer Burk)

Bagikan:

JAKARTA – Bagi Anda yang menyukai tanaman hias, pasti tertarik untuk merawat dan membudidayakan tanaman philodendron. Tanaman yang memiliki berbagai bentuk, warna, dan ukuran bisa tumbuh dengan berbagai kondisi termasuk pada musim kemarau.

Philodendron sebagian besar termasuk tanaman epifit. Karakter tanaman tersebut membutuhkan rambatan untuk tumbuh. Berdasarkan klasifikasi, philodendron masih satu kerabat dengan anthurium, aglaonema, maupun alocasia. Termasuk juga dalam famili talas-talasan atau araceae.

Secara morfologi, bentuk akar tanaman philodendron adalah serabut. Sedangkan batangnya tidak berkayu. Pada tangkai daun atau mata tunas terdapat pada setiap ruas. Nah, yang membuat philodendron digandrungi adalah bentuk daunnya yang bervariasi.

Mulai dari berbentuk hati hingga berjari. Dilansir You Had Me at Gardening, Jumat, 18 Juni, tanaman philodendron memiliki 480 jenis, maka yang paling populer ada berikut ini:

Philodendron caramel marble variegata

Kombinasi warna hijau kemerahan bersemu kuning serta merah jambu membuat tanaman jenis philodendron yang pertama cukup digemari. Harganya bisa melangit dengan pertimbangan warna variegasi, bentuk, dan ukuran.

tanaman philodendron termahal
Ilustrasi philodendron caramel marble variegate (Pexels/Skylar Kang)

Apabila bentuk daunnya menjari dan ukuran rata, harga bisa mencapai Rp.75 juta. Yang membuat harga melangit adalah warna dominan tetap hijau tetapi aksen warna lain yang berpola abstrak.

 

Philodendron patriciae

Bentuk daun philodendron patriciae berbeda dengan varian caramel marble variegata. Jenis yang kedua juga masih tergolong tanaman philodendron termahal apabila daunnya semakin memanjang. Harga bisa menyesuaikan dengan bentuk daun, semakin unik bentuk daunnya maka harga bisa melambung.

tanaman philodendron termahal
Ilustrasi philodendron patriciae (Unsplash/Jesse Riggs)

Sayangnya, philodendron patriciae cukup sensitif apabila dipindahkan sewaktu-waktu. Tanaman jenis ini butuh waktu beradaptasi dan perawatan ekstra. Bentuk daunnya memiliki sentral ditengah atau tulang daun dan tak bisa hidup di suhu tinggi sebab membikin warna daunnya memutih.

 

Philodendron ring of fire

Bentuk daun philodendron ring of fire memanjang, sempit, dan berjari. Ada berbagai warna antara lain hijau, krem, oranye, merah, kuning, dan light white. Kalau berdasarkan urutan harga, philodendron ring of fire dibawah jenis caramel marble varigata dan patriciae.

Philodendron florida ghost

Jenis tanaman philodendron selanjutnya dikenal dengan philodendron merpati atau florida ghost. Warna daunnya ada beragam, mulai dari dominan hijau hingga berpola abstrak putih serta bertangkai merah.

Dibanding jenis lainnya, philodendron merpati membutuhkan cahaya lebih banyak dibanding jenis lainnya.

tanaman philodendron termahal
Ilustrasi daun tanaman philodendron florida ghost  (Unsplash/Eldry Johj Infante)

Philodendron jose buono

Selanjutnya, tanaman philodendron jenis jose buono berbentuk daun seperti dayung berwarna hijau limau dengan motif putih. Daunnya ukuran agak besar dengan tulang daun tampak jelas. Untuk harga, tidak jauh berbeda dengan ring of fire dan florida ghost.

Tetapi semakin unik bentuk, ukuran, dan motifnya, maka semakin mahal harganya. Mana jenis tanaman philodendron yang jadi koleksi Anda?