Kaleidoskop 2023: Bersemi Sejukkan Hunian, Ini 5 Tanaman Hias Paling Digemari selama 2023
Ilustrasi (Huy Phan/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tren kegiatan berkebun dan menanam tanaman hias beragam macam pun menjadi naik daun menghiasi kehidupan masyarakat.  Lalu apa saja tanaman hias yang menjadi populer sepanjang 2023 ini?

Berikut ini deretan daftar tanaman hias paling digemari selama 2023, dilansir dari Real Simple, Kamis, 21 Desember.

Burgundy Rubber Tree

Tanaman hias yang memiliki ciri khas daun lebat menjadi salah satu tren tahun ini.

“Tahun ini, tanaman dengan daun lebat berwarna gelap jadi favorit pencinta tanaman hias,” sebut Lindsay Pangborn, pakar tanaman di Bloomscape. 

Burgundy rubber tree banyak dipilih karena memenuhi kriteria dengan warna daunnya yang gelap tapi mengilap. Selain itu, tanaman ini juga mudah beradaptasi dan dapat menambah keindahan interior ruangan.

Peperomia Hope

Tepat diletakkan di ruangan kecil, peperomia hope adalah tanaman minimalis yang punya tinggi maksimal sekitar enam hingga delapan inci. Ini sebenarnya tanaman hibrida yang dibuat dengan menyilangkan spesies peperomia deppeana dan quadrifolia.

“Tanaman ini memiliki daun bulat dan tebal, berwarna hijau dengan garis-garis putih atau perak,” kata Puneet Sabharwal, salah satu pendiri dan CEO Horti. 

“Daunnya sedikit lebih tebal dibandingkan beberapa spesies Peperomia lainnya, sehingga membantu tanaman mempertahankan kelembapan.” Seperti banyak spesies Peperomia lainnya, spesies ini relatif rendah dan mudah perawatan.

Cat Palm

Suasana tropis langsung terasa jika Anda memiliki tanaman palem di rumah. Cat palm atau palem kucing merupakan cara terbaik menambah kesan hijau segar pada hunian. Selain rupanya, tanaman ini juga tentu dipilih karena mudah perawatan sehingga tak perlu mengeluarkan banyak biaya. 

Calathea Medallion

Tanaman hias populer 2023 selanjutnya ada calathea atau kalatea, yang merupakan genus tanaman milik keluarga Marantaceae yang terdiri dari beberapa lusin spesies dalam genus ini. Tanaman ini berasal dari Amerika tropis, banyak spesies yang populer sebagai tanaman pot karena daun hiasnya dan, dalam beberapa spesies, perbungaan warna-warni. 

Calathea juga biasa disebut prayer plant atau tanaman doa karena dapat dipercaya memberikan kebaikan kepada penghuni rumah. Selain sebagai penghias rumah calathea juga memiliki manfaat sebagai penyejuk di dalam ruangan.

Philodendron

Philodendron merupakan sejenis tumbuhan dari suku Araceae, yang mempunyai banyak spesies. Namanya berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata philo (pohon) dan dendron (cinta). 

Karena keindahan bentuk dan warna-warni daunnya, philodendron banyak disukai sebagai tanaman penghias ruangan atau kebun. Bentuknya yang indah akan menambah nuansa rumah yang sejuk dan alami, itulah daya pikat jenis satu ini, sehingga menjadi bagian tanaman hias populer di 2023.