Sama-sama Digemari dan Diburu Pencinta Tanaman, Ini Beda Tanaman Pothos dan Philodendron
Ilustrasi (Afif Kusuma/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Varietas pothos dan philodendron jadi tanaman hias paling populer saat ini, tapi keduanya sering disalahartikan. Meskipun kedua tanaman ini terlihat mirip dan memiliki banyak kesamaan, namun keduanya memiliki perbedaan karakteristik dan kebutuhan. 

Melansir The Spruce, Senin, 22 Agustus, ada beberapa hal utama yang dapat dijadikan pembeda antara pothos dan philodendron. Ini termasuk taksonomi, bentuk dan tekstur daun, akar udara dan tangkai daun, kebiasaan pertumbuhan dan daun baru, serta syarat tumbuh.

Dilihat dari sisi taksonomi, pothos dan philodendron adalah dua tanaman yang berasal dari genus berbeda. Pothos termasuk dalam genus Epipremnum, dan philodendron termasuk dalam genus Philodendron. Namun, mereka masuk dalam satu famili karena pothos dan philodendron merupakan famili tanaman Aroid (Araceae).

(Sasha Kim/Pexels)

Selain taksonomi, cara mudah membedakan pothos dan philodendron adalah dari daunnya. Banyak philodendron, termasuk philodendron heartleaf memiliki daun berbentuk hati dengan tekstur lebih tipis dan lembut. Sedangkan pothos memiliki daun yang lebih tebal dan lebih berlilin. 

Perbedaan daun ini terutama terlihat di daerah di mana tangkai daun terhubung ke pangkal daun. Misalnya, philodendron heartleaf dan pothos. Jika pangkal daun pothos relatif lurus, pangkal daun philodendron melengkung ke dalam dan berbentuk seperti bagian atas hati.

Perbedaan juga dapat dilihat antara akar udara dan tangkai daun. Baik pothos dan philodendron memiliki akar udara agresif yang memungkinkan keduanya merambat di sekitar permukaan. Namun, pothos hanya memiliki satu akar udara besar per buku, sedangkan philodendron memiliki beberapa akar udara yang lebih kecil per buku, dan cenderung terlihat lebih liar.

Cara lain untuk membedakan antara pothos dan philodendron adalah dengan mencari keberadaan katafil atau sisik daun. Pada philodendron, daun baru akan tumbuh melalui katafil. Katafil akan mengering dan rontok setelah daun baru terbuka. Sedangkan pada pothos, daun baru akan tumbuh membentang dari daun sebelumnya. 

Pothos dan philodendron memiliki kebutuhan yang sangat mirip dalam hal cahaya, tanah, air, suhu, dan keduanya dianggap sebagai tanaman hias dengan minim perawatan. Namun, ada beberapa perbedaan kecil yang berguna untuk diketahui.

Meski keduanya sama-sama tahan kondisi rendah cahaya, tapi philodendron lebih mudah mentolerir cahaya rendah daripada pothos. Selain itu, pothos lebih menyukai suhu yang lebih panas daripada philodendron.

Baik pothos dan philodendron dapat dikembangbiakan dengan stek, tetapi philodendron juga dapat menghasilkan tunas yang dapat digunakan untuk berkembang biak. Selain itu, pothos lebih toleran terhadap kekeringan daripada philodendron.

Ada banyak jenis pothos dan trailing philodendron yang terlihat mirip satu sama lain. Panduan umum yang diuraikan di sini akan membantu Anda mengidentifikasi spesies pothos atau philodendron yang tertinggal dengan mudah.