5 Jenis Tanaman Calathea Wajib Punya Untuk Permanis Hunian
Ilustrasi (Zion Marquez/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu cara mempermanis hunian adalah dengan menambah tanaman hias ke dalam rumah. Tanaman calathea, jadi satu dari sekian banyak opsi tanaman hias yang bisa Anda pilih. Tampilan hijau cantik dengan daun indah jadi alasan kenapa Anda harus memiliki tanaman ini.

Berikut VOI bagikan ragam tanaman calathea agar Anda makin jatuh hati dan mempermudah proses pemilihan jenisnya.

Calathea orbifolia

Calathea orbifolia memiliki ciri daun lebar dan berkilau. Selain itu, pertumbuhan daunnya juga saling bertumpuk. Jenis calathea ini cocok diletakkan dalam rumah yang tidak terlalu memiliki banyak perabotan. Jika tidak, suasana rumah akan terasa makin penuh dengan kehadiran calathea orbifora.

Calathea warscewiczii

Memiliki nama lain calathea jungle velvet, ini merupakan jenis calathea paling favorit. Pertumbuhan daun sangat rimbun dengan warna hijau tua. Pas untuk menampilkan kesan segar dalam hunian.

Calathea makoyana

Photo by Kulbir from Pexels

Jenis ini lebih dikenal dengan peacock plant. Ciri-cirinya yaitu bentuk daun lonjong seperti telur dengan helaian daun tipis dan panjang. Setiap daun berwarna kemerahan dengan sedikit ungu di bawahnya. Ukuran daun yang tipis membuatnya cocok ditempatkan di rumah berdesain minimalis atau japandi.

Calathea ornata sanderiana

 

Photo by Kulbir from Pexels

Punya nama dan rupa yang sama-sama cantik, calathea ornata sanderiana berbentuk daun panjang membulat seperti elips dengan garis-garis cerah warna merah muda pada permukaan daun. Jenis calathea ini harus ditaruh di dekat jendela, sebab perawatannya butuh sinar matahari dan cukup kelembapan.

Calathea lancifolia

Calathea ini fisiknya lebih unik dari jenis lain. Tingginya bisa mencapai 50 cm. Tekstur daun keriting bergelombang dengan warna kuning kehijauan di bagian atas dan keunguan di bagian bawah. Totol hitam hijau membuat tampilan calathea ini semakin langka.