6 Tanaman Sukulen yang Aman bagi Kucing Kesayangan
Ilustrasi (Madison Inouye/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak mengherankan jika sukulen menjadi tanaman hias yang populer. Jenis tanaman yang mencolok ini sering kali tumbuh subur tanpa perawatan ekstra. Dan cukup ringkas diletakkan di apartemen yang kecil sekalipun. 

Namun, jika mencari spesies sukulen yang aman untuk kucing kesayangan Anda. Sebaiknya hindari kaktus berduri dan sukulen beracun, seperti tanaman giok. Berikut enam sukulen populer yang aman untuk anabul di rumah.

Mexican Peacock Echeveria

Dilansir dari The Spruce, Kamis, 4 januari, spesies echeveria berbentuk bunga serta minim perawatan ini merupakan salah satu jenis sukulen paling populer. Tidak hanya itu, tanaman ini juga ramah terhadap kucing. Echeveria Mexican Peacock sangat ideal bagi pecinta tanaman hias yang tidak mau ribet. Karena yang dibutuhkan tanaman ini hanyalah tempat cerah dan rutinitas penyiraman yang tidak terlalu sering untuk tumbuh subur.

Haworthia 

Tanaman dengan daun berbentuk runcing dan corak titik-titik putih dari spesies haworthia pasti akan menarik perhatian jika diletakkan di ruangan kecil Anda. Pun, nilai tambahnya tanaman ini tidak beracun bagi anabul. Haworthia lebih menyukai cahaya terang dan tidak langsung. Tidak seperti kebanyakan sukulen, tanaman ini dapat bertahan hidup dalam kondisi cahaya redup, asalkan Anda tidak berlebihan saat menyiram.

Chinese Money Plant

Sukulen satu ini memiliki daun berbentuk koin serta ramah kucing. Perawatannya pun mudah, hanya perlu ditempatkan di tempat dengan cahaya terang dan tidak langsung, pun tidak membutuhkan penyiraman teratur. Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, Chinese Money Plants bisa membawa keberuntungan dari sisi finansial jika diletakkan di rumah.

Donkey’s Tail

Anda tidak perlu khawatir jika anabul kesayangan bermain dengan sukulen satu ini. Donkey’s tail punya batang yang rapuh. Sehingga cakar kucing yang kokoh dapat membuat batangnya patah. Pilih tempat yang cerah dan siram tanaman saat tanahnya sudah kering dengan baik.

Kaktus Buah Naga

Jika Anda mencari kaktus yang aman untuk kucing tanpa duri, mengapa tidak mencoba kaktus buah naga (Hylocereus undatus)? Dan, dengan sinar matahari yang cukup serta penyiraman yang hati-hati, tanaman Anda mungkin menghasilkan buah eksotis yang dapat dimakan.

Ponytail Palm

Tanaman ini sering disalah artikan sebagai spesies palem karena daunnya yang hijau menguntai panjang serta batangnya yang bulat. Palem ekor kuda (Beaucarnea recurvata) sebenarnya merupakan jenis tanaman sukulen dan tergolong aman untuk hewan peliharaan. Berikan cahaya terang sebanyak mungkin dan sirami setiap satu atau dua minggu sekali selama masa pertumbuhan. Agar tanaman hias yang aman bagi kucing ini tumbuh dengan baik.