7 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Pot Gantung, Warna Bunganya Cantik
Ilustrasi tanaman hias untuk pot gantung (Freepik/wirestock/ArthurHidden)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pot gantung paling cocok diletakkan setinggi mata atau lebih tinggi. Tetapi perlu memperhatikan jenis tanaman hias untuk pot gantung, karena tanaman berbatang tegak tidak akan cocok. Lebih pas menghias teras atau luar rumah Anda dengan tanaman hias yang memekarkan bunga cantik. Tertarik membangun visual yang cantik untuk rumah Anda? Berikut rekomendasi tanamannya, selain mudah dirawat juga indah mewarnai dinding rumah Anda.

1. Bacopa

Tanaman bacopa memiliki bunga warna ungu berukuran kecil dengan benang sari warna kuning serta daunnya runcing. Tanaman Chaenostoma cordatum ini, juga dikenal sebagai sutera cordotum, yang menawan. Tidak hanya ungu lho, ada juga warna lain dari tanaman hias untuk pot gantung ini. Termasuk biru, putih, merah muda, dan campuran biru serta ungu yang sangat cantik.

2. Fuchsia

Banyak orang menyukai fuchsia karena bisa ditanam di mana saja, baik di tanah, pot, termasuk pot gantung. Bunga kombinasi ungu dan putih, tetapi perlu dipangkas secara rutin. Pertumbuhan bunga fuchsia sangat cepat sehingga perlu dikurangi agar tak menutupi tanaman lain.

tanaman hias untuk pot gantung
Ilustrasi tanaman hias untuk pot gantung (Freepik/ ArthurHidden)

3. Verbena

Apakah Anda sedang mencari tanaman hias untuk pot gantung yang mudah perawatannya? Salah satu yang bisa ditanam adalah verbena. Tanaman ini bisa berbunga secara teratur termasuk pada saat musim panas. Seperti halnya fuchsia, tanaman verbena juga perlu dipangkas secara teratur sehabis bunganya mekar.

4. Calibrachoa

Calibrachoa kerap dikenal sebagai tanaman sejuta lonceng. Sebutan ini seperti morfologinya, bentuk bunganya seperti lonceng berwarna kuning. Tanaman hias ini tumbuh dengan cepat dan perlu dipangkas teratur agar media tanah tidak lembap tertutup daun.

Calibrachoa memiliki beberapa varietas yang ditandai dengan warna bunganya. Anda bisa memilih warna bunga calibrachoa mana yang cocok dengan warna dinding rumah Anda. Warna-warnanya, antara lain, kuning, violet, biru, merah muda, magenta, putih, dan kombinasi dua warna.

5. Lobelia

Tanaman hias untuk pot gantung selanjutnya, lobelia. Tanaman ini berbatang tipis dan bunga warna ungu. Uniknya, bunganya mekar sepanjang musim. Penting untuk memilih media tanam tepat yang disukai lobelia, yaitu tanah yang sedikit berpasir tetapi kaya akan bahan organik.

tanaman hias untuk pot gantung
Ilustrasi tanaman hias untuk pot gantung (Freepik/ ArthurHidden)

6. Petunia

Meski dianggap biasa, tanaman petunia sangat baik untuk pot gantung yang menghias dinding di rumah. Penting untuk diketahui, beri gundukan tanah pada tengah pot gantung. Fungsinya agar tanaman fokus tumbuh di tengah. Anda bisa memilih warna apapun, karena dalam varietas petunia terdapat semua warna bunga kecuali cokelat.

7. Begonia

Seperti fuchsia, begonia adalah pilihan ideal untuk tempat teduh. Jadi kalaupun meletakkan pot gantung dengan tanaman hias ini di tempat outdoor, upayakan mendapat peneduh. Melansir The Spruce, Jumat, 4 November, begonia versi hibrida ini memiliki batang yang lembut dan merambat. Bunganya ukuran besar berbentuk sayap dengan nuansa warna merah, kuning, dan ungu.

Itulah ketujuh rekomendasi tanaman hias untuk pot gantung yang mudah perawatannya dan bisa menghias dinding luar rumah Anda. Tertarik menanam salah satunya? Perlu diketahui, tanaman gantung membutuhkan penyiraman lebih sering daripada tanaman yang hidup di tanah.