Mengenal Tanaman Hias Miana yang Cantik Berwarna Ungu, Mau Tahu Cara Merawatnya?
Ilustrasi tanaman hias miana (Pexels/Digital Buggu)

Bagikan:

JAKARTA – Tanaman miana adalah tanaman hias dengan varian yang banyak sekali. Tanaman hias dengan corak mayoritas berwarna ungu kemerahan ini memiliki nama ilmiah Coleus atropurpureus. Jika di Nusantara beberapa kawasan juga menyebut tanaman ini berbeda-beda.

Di Jawa Tengah, tanaman miana dikenal dengan iler. Sedangkan di Palembang disebut adong-adong, di Minahasa disebut serewung, dan di Bugis disebut ati-ati.

Jenis tanaman hias bersemak ini tak hanya punya motif atau corak yang cantik-cantik. Tetapi juga bermanfaat untuk mengobati sejumlah penyakit, seperti wasir, bisul, radang telinga, obat datang bulan tak teratur, dan demam saat sedang nifas.

Cara merawatnya pun tak sesulit yang dibayangkan. Untuk Anda yang tinggal di kawasan panas atau dataran rendah dengan intensitas paparan cahaya matahari tinggi, tanaman miana dapat bertahan di tempat tersebut. Miana punya tingkat adaptasi tinggi namun jangan sampai terlambat menyiraminya.

Media tanam tanaman miana bisa dengan tanah yang subur dan gembur. Bisa diletakkan dalam pot cantik, polybag, atau langsung di tanah.

Karena tanaman ini bisa setinggi hingga 1,5 meter, agar tidak meninggi dibutuhkan pemangkasan rutin. Misalnya setiap kali tumbuh tunas, maka sedikit pangkas. Nah, lebih cantik lagi pemangkasan juga memicu tumbuh dengan rimbun.

Tanaman hias miana juga tergolong bukan tanaman yang manja. Anda cukup memberi pupuk kompos atau pupuk kandang sebulan sekali saja. Agar tidak mudah terserang hama dan menguning tiba-tiba, lakukan pengecekan rutin dan mengurangi daun yang sudah tua.

Berdasarkan tekstur daun, tanaman miana tidak berbulu seperti tanaman begonia. Dalam satu jenis, biasanya corak warna cerah dan mayoritas ada warna ungu kemerahan.

Miana tidak berbunga serta memiliki lebih dari 40 jenis. Sayangnya, setiap jenisnya tidak memiliki nama spesifik sehingga susah diidentifikasi. Apa saja jenis tanaman miana atau iler yang bisa dikoleksi dan menghias halaman rumah? Berikut 5 daftarnya.

Coleus Wizard Scarlet

tanaman hias miana
Ilustrasi tanaman hias coleus wizard scarlet (Instagram/@Erylinpoppy)

 

Karena tanaman miana tidak memiliki nama spesifik, maka pemberian nama berdasarkan corak. Corak pertama, wizard scarlet. Miana dengan corak ini cocok untuk menghias halaman rumah.

Miana bulu landak

tanaman hias miana
Ilustrasi tanaman hias miana bulu landak (Instagram/@plantarium.indonesia)

 

Corak kedua disebut dengan miana bulu landak. Sebutan ini dipakai karena tepian daun lancip seperti bulu landak. Kombinasi warna ada tiga, yaitu merah keunguan, hijau tua, dan hijau muda kekuningan pada tepiannya.

Miana merak

tanaman hias miana
Ilustrasi tanaman hias miana merak (Instagram/@Erylinpoppy)

 

Pasti Anda mengenal bulu merah yang indah dan lembut komposisi warnanya. Komposisi corak dari ungu cerah, merah tua, dan hijau cerah tentu memberi kesan segar.

Miana coleus mosaic

tanaman hias miana
Ilustrasi miana coleus mosaic (Instagram/@Erylinnsyia)

 

Selanjutnya, miana coleus mosaic memiliki corak yang tidak sama setiap daunnya. Tetapi kombinasi dua hingga tiga warna, antara lain ungu, hijau, dan kekuningan.

Miana batik

tanaman hias miana
Ilustrasi miana batik (Instagram/@kebunkrokotmagetan)

 

Terakhir, miana batik dengan corak seperti batik. Meskipun tidak sama antar daunnya, yang pasti ada kombinasi empat warna dengan gradasi yang estetis. Warnanya antara lain kuning, ungu, merah, dan tepian berwarna hijau.

Kalau berdasarkan harga, tanaman miana tidak tergolong mahal dengan kisaran harga antara Rp.7.000 hingga Rp.70.000. Cantik-cantik bukan berbagai klasifikasi corak tanaman miana?