3 Cara Bikin Pestisida Alami di Rumah untuk Cegah Tanaman Diserang Hama
Ilustrasi bikin pestisida alami cegah tanaman diserang hama (Unsplash/Trung Thanh)

Bagikan:

JAKARTA – Punya kebun sendiri di rumah, tentu menyenangkan. Kebutuhan sayuran untuk beberapa orang di rumah bisa terpenuhi. Tetapi, bukankah cukup geram ketika melihat daun bayam dan sawi bolong-bolong karena dimakan serangga?

Muasal disebut pestisida berasal dari pest dengan akhiran –cide. Pestisida merupakan bahan pembasmi hama yang meliputi berbagai macam pengganggu seperti serangga, tikus, gulma, atau mikrobia.

Bahkan dalam kondisi tertentu mamalia, burung, dan ikan bisa mengganggu apabila tidak dikendalikan dan dikontrol. Pestisida sendiri juga perlu dikontrol penggunaannya, apalagi yang mengandung 9-12 senyawa kimia organik berbahaya menurut Konvensi Stockholm.

Senyawa kimia tersebut bisa membahayakan kesehatan manusia, lingkungan, dan ekosistem. Nah, oleh sebab itu pestisida alami yang bisa dibuat di rumah berbahan natural.

Meski tak ada batasan jelas ‘yang organik’ atau ‘yang alami’ itu bagaimana atau memiliki rule variatif setiap lingkungan, maka berikut 3 cara bikin pestisida yang berasal dari herbal, mineral, dan tumbuhan lain dan cara mencegah hama kebun.

Dilansir Our Inspired Roots, Selasa, 29 Juni, ada beberapa cara untuk mencegah hama kebun.

Pertama, rotasi tanaman dengan jenis tanaman tertentu. Ini membuat tanah tetap sehat dan mempersulit hama untuk menemukan tanaman favorit mereka.

Kedua, memperbaiki kualitas tanah dengan menambah banyak kompos organik. Ketiga, membiarkan serangga dan makhluk lain yang bermanfaat seperti katak yang bisa membantu mencegah hama berkembang biak.

Keempat, tanam tumbuhan yang menarik hama. Ini bisa ditanam di sisi tanaman utama agar hama ‘memakan’ tanaman kurban tersebut. Kelima, penanaman pendamping bisa membuat lingkungan yang beragam dan ini salah satu cara terbaik mencegah hama.

Keenam, mengambil serangga secara manual dan cara terakhir membasmi hama dengan menanam banyak tanaman herbal.

Selanjutnya, pestisida alami bisa dibuat dengan cara berikut serta perhatikan jumlah bahan-bahannya.

Cara membuat pestisida organik dari bawang putih

Bahan-bahan:

1 bungkul bawang putih

1 sendok makan sabun pencuci piring tanpa mengandung pemutih dan biodegradable

2 sendok makan minyak sayur atau minyak zaitun

480 mililiter air mineral

cara membuat pestisida organik dari bawang putih
Ilustrasi bawang putih bahan pestisida alami (Unsplash/Dennis van Lith)

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu haluskan bawang putih yang telah dikupas. Campurkan dengan minyak dan air, tambahkan sabun dan terakhir tuangkan dalam botol spray lalu bisa digunakan pada tanaman yang terserang hama.

Resep pestisida campuran bawang dan cabai rawit

Bahan-bahan:

1 buah cabai rawit kering

½ bungkul bawang putih

½ bawang bombay

2 sendok teh sabun cuci piring biodegradable

2 sendok makan minyak zaitun

Air panas secukupnya

Cara membuatnya, blender atau haluskan semua bahan (cabai rawit, bawang putih, dan bawang bombay). Campurkan kemudian dengan air panas lalu biarkan semalaman dalam toples.

Setelah dibiarkan semalam atau dua, saring dan tuangkan dalam botol spray. Terakhir tambahkan dengan air mineral, sabun cuci, dan minyak zaitun kemudian siap disemprotkan.

cara membuat pestisida organik sederhana
Ilustrasi jalapeno bahan pestisita alami (Unsplash/Nick Collins)

Cabai rawit kering bisa diganti dengan bubuk jalapeno dan bubuk lada. Untuk campuran lada dan bawang putih, bisa disemprotkan pada malam hari setelah tumbuhan terpapar matahari pada pagi hingga siang hari.

Resep pestisida dari minyak nimba

Minyak nimba dipercaya oleh petani dan tukang kebun organik sebagai bahan utama membuat pestisida alami. Minyak nimba atau minyak neem dan dikenal juga dengan mimba diproses dari biji pohon nimba dengan nama latin Azadirachta indica. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan? Berikut daftarnya.

2 sdt minyak nimba

1 cangkir sabun cuci piring biodegradable

1 liter air panas

Cara membuatnya, campur air panas dan sabun dalam botol spray lalu tambahkan minyak nimba. Kocok agar tercampur sempurna setiap kali menyemprotkan pada tanaman diserang hama.