Akar Busuk pada Tanaman Saat Sering Hujan, Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi cara mengatasi akar busuk pada tanaman (Pexels/Huy Phan)

Bagikan:

JAKARTA – Pertumbuhan dan ketahanan hidup tanaman dipengaruhi musim. Di Indonesia yang merupakan negara tropis dan terletak di sekitar garis khatulistiwa memiliki dua musim, kemarau dan penghujan. Tantangan merawat tanaman pada musim penghujan adalah memberikan perhatian ekstra.

Baik tanaman hias indoor maupun outdoor, keduanya perlu penyesuaian dalam merawat pada setiap musim. Mulai dari kebutuhan paparan cahaya untuk fotosintesis, kelembapan udara, pemupukan, dan penyiraman air.

Akar busuk pada tanaman karena terpapar hujan pada umumnya terjadi. Terutama bila tanah terendam air bukan jenis tanaman yang  menyukai tanah basah. Beberapa tips untuk merawat tanaman saat hujan turun dengan intensitas sedang hingga tinggi, berikut bisa dilakukan.

Periksa pot

Pertama kali yang perlu diperhatikan adalah sistem sirkulasi air pada pot. Apabila pot memiliki lubang bagian bawah untuk membuang kelebihan air, maka cek kondisi tanahnya atau media tanamnya. Apabila media tanamnya tidak lengket, maka batasi jumlah air yang disiramkan.

Nah, apabila tanah terlalu basah maka perlu mengganti pot atau memberinya lubang bagian bawah. Saat musim hujan, tanaman hanya membutuhkan sedikit air.

Siram sebelum jam 3 sore

Menyiram tanaman paling baik adalah pagi hari atau sebelum jam 3 sore saat hujan turun setiap hari. Mengapa perlu mempertimbangkan waktu menyiram? Sebab sisa air dalam media tanam tak bisa menguap sempurna tanpa angin dan sinar matahari cukup.

Periksa kondisi tanaman setiap hari

Pada musim penghujan, akar busuk pada tanaman sering terjadi. Selain karena terlalu banyak air, akar tanaman juga rentan terhadap cacing jenis tertentu. Cacing tersebut menyebabkan infeksi sehingga perlu dicek konsisinya setiap hari.

Pastikan mendapatkan ventilasi dan cahaya cukup

Apabila tanaman Anda diletakkan dalam ruangan, maka perlu dipastikan mendapat ventilasi udara dan cahaya cukup. Dan jika memungkinkan, jemur tanaman saat matahari pagi sedang hangat-hangatnya atau antara pukul 8 – 10 pagi.

Beri pupuk pada saat yang tepat

Dilansir dari Kompas, Selasa, 22 Juni, memberi pupuk pada tanaman tetap perlu dilakukan meski saat musim hujan. Tetapi beri pada saat yang tepat, disarankan pada pukul 7 – 11 pagi.

Selain memberikan pupuk, perlu juga mempertimbangkan pemberian pestisida atau fungisida untuk mengurangi serangan hama selama musim hujan.

Bagi Anda yang meletakkan tanaman hias kesayangan di teras atau di luar ruangan, pastikan tidak terpapar langsung air hujan.