Kesalahan Kecil yang Bisa Membuat Tanaman di Rumah Jadi Layu
Ilustrasi (Annie Spratt/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Di masa pandemi, banyak orang yang mencoba hal baru untuk mengusir kebosanan selama di rumah saja. Salah satunya dengan bercocok tanam. Mulai dari menanam tumbuhan untuk bumbu dapur sampai tanaman hias yang mahal kini jadi tren sendiri di kalangan masyarakat.

Tanaman hias harganya bisa sampai jutaan rupiah. Tentu kita akan merasa sedih ketika tanaman tersebut justru layu ketika sudah kita rawat dengan baik. Hati-hati! Bisa jadi tanaman itu layu diakibatkan terlalu sering disiram. Air yang terlalu banyak bisa mengakibatkan akar tergenang air dan kemudian membusuk.

Jika sudah terlanjur begini, ada tips yang bisa jadi pertolongan pertama supaya tumbuhan tidak mati. Dilansir dari berbagai sumber, alih-alih mengeluarkan tanaman dari pot, lebih baik membungkus dasar pot dengan handuk kering dan biarkan semalaman. 

Hal ini bertujuan agar air berlebih di dalam pot bisa keluar dan menyerap pada handuk. Untuk itu, handuk perlu dieratkan supaya proses penyerapan air lebih mudah. 

Selain itu, tumbuhan layu bisa diakibatkan karena faktor suhu, iklim, campuran media tanam, dan posisi tanaman diletakkan. Untuk itu, kita perlu mengetahui jenis kebutuhan tanaman yang kita rawat. Hal terpenting adalah untuk menjaga kelembaban sesuai dengan kebutuhan tanaman.