Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemasangan WiFi di rumah telah dilakukan oleh banyak orang untuk memudahkan keperluan aktivitas dengan internet. Namun terkadang ada area atau ruang di rumah yang kesulitan menerima jangkauan sinyal. Jika mengalami masalah tersebut, ada cara memperluas jangkauan WiFi yang perlu Anda tahu. 

Jangkauan sinyal WiFi memiliki batasan, sehingga beberapa area hanya akan menerima jaringan internet yang lemah atau bahkan tidak terjangkau sama sekali. Area yang tidak terjangkau sinyal WiFi ini disebut dengan dengan dead zone. Misalnya Anda memasang router di ruang tamu, bisa jadi sinyal tidak mencapai halaman belakang. 

Kondisi lemahnya sinyal WiFi tentu saja mengganggu aktivitas penggunaan internet. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa cara memperluas jangkau WiFi yang bisa Anda coba. 

Cara Memperluas Jangkauan WiFi

Kekuatan atau tinggi-rendahnya sinyal WiFi sangat dipengaruhi oleh area jangkauan. Beberapa hal lain yang juga mempengaruhi penyebaran sinyal adalah dinding atau tembok, sebab gelombang Wi-Fi tidak bisa menembus benda padat seperti itu. Namun masing-masing provider WiFi juga memiliki spesifikasi yang berbeda. 

Jika Anda mengalami masalah lemahnya sinyal WiFi, berikut ini sejumlah cara memperluas jangkauan WiFI:

Letakkan Router Tempat Tinggi

Pemasangan router wifi sebaiknya ditaruh di tempat terbuka dan tinggi. Misalnya Anda bisa menaruhnya di dinding ruang tamu atau ruang keluarga. Dengan meletakkan router di posisi lebih tinggi, sinyal WiFi bisa menjangkau area lebih luas tanpa terganggu obyek lain, seperti tembok dan perangkat elektronik yang memancarkan gelombang elektromagnetik. 

Jauhkan Router dari Benda-Benda

Sebaiknya router juga dijauhkan dari benda-benda tertentu karena sinyal WiFi tidak dapat menembus benda padat. Hindari memasang router di lokasi yang tertutup kabinet atau lemari, di dapur, hingga ruangan yang banyak buku maupun hiasan dinding. 

Sinyal WiFi juga bisa terganggu oleh benda-benda yang terbuat dari metal, beton, dan perangkat elektronik. Selain itu, material seperti kayu, batu-bata busa, dan air dapat menyerap gelombang WiFi. Jadi pastikan Anda memasang WiFi di tempat yang tidak dekat sejumlah benda-benda tersebut. 

Mengubah Posisi Antena Router

Posisi antena router juga mempengaruhi persebaran sinyal WiFi. Anda disarankan untuk mengubah posisi router menjadi tegak ke atas agar WiFi bisa menjangkau area lebih luas. 

Menggunakan WiFi Extender

Wifi extender adalah alat yang berfungsi untuk menambah atau memperluas jangkauan sinyal WiFi. Perangkat ini bisa disambungkan ke router dan dihubungkan ke perangkat elektronik yang menggunakan WiFi, seperti ponsel dan laptop.  Banyak orang memilih pakai WiFi extender karena penggunaannya praktis tanpa perlu kabel LAN. 

Anda tinggal mengaktifkan WiFi extender, kemudian mendekatkannya dengan router agar sinyal bisa terdeteksi. Setelah sinyal tersimpan, Anda bisa mengarahkan wifi extender ke ruangan yang tidak mendapat atau kekurangan jangkauan sinyal.

Memakai WiFi Amplifier

Perangkat pihak ketiga lainnya yang bisa Anda gunakan untuk memperluas jangkauan WiFi adalah WiFi Amplifier. Bisa dikatakan alat ini merupakan versi sederhana dari  wifi extender. Penggunaan WiFi Amplifier pun cukup mudah, cukup mudah sambungkan alat ini dengan sumber listrik. Alat ini akan secara otomatis memperkuat sinyal wifi dari router terdekat.

Menambah Jumlah Access Point

Access point (AP) adalah perangkat yang dapat dihubungkan dengan router. Ada router yang sudah dilengkapi dengan AP khusus dan ada pula jenis router yang membutuhkan AP tambahan. Penggunaan alat ini yakni memakai kabel local area network (LAN) yang disambungkan ke router. Langkah ini cocok diterapkan rumah dengan dua lantai atau area luar rumah.

Demikianlah beberapa cara memperluas jangkauan WiFi yang bisa Anda terapkan di rumah. Kekuatan sinyal WiFi sangat dipengaruhi oleh area jangkauan dan beberapa kondisi seperti di atas. Namun Anda tetap bisa memperluas jangkauan sinyal WiFi dengan beberapa cara tadi. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.