Jarak Maksimal Penguat Sinyal WiFi: Begini Penjelasannya
Jarak Maksimal Penguat Sinyal WiFi (Gambar StockSnap - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kalau kata anak Sekarang hidup tanya wifi bagaikan taman tanpa bunga, tapi émang realitanya iya. Sudah zamannya kita tergantung sekali sama yang namanya internet. Dan Kali ini Kita bakal belajar seberapa jauh jarak maksimal penguat sinyal wifi.

Sama halnya seperti seorang berbicara, sinyal WiFi yang keluar dari antenna (Router/Acces Point) bakal semakin lemah seiring semakin jauhnya sinyal itu. Lantas, seberapa jauhkah jangkauan sinyal WiFi tersebut?

Umumnya jaringan dari WiFi itu mempunyai jangkauan yang dibatasi oleh daya transmisi, jenis antena, jarak lokasi, bahkan lingkungan. Kalau diperhatikan apabila posisi smartphone kita berubah saat menggunakan WiFi maka sinyal juga bisa berubah cepat atau makin lambat. Kenapa? 

Jarak Maksimal Penguat Sinyal WiFi

Tipikal wireless router buat kebutuhan dalam ruangan( indoor) dengan metode point- to- multipoint yang memakai standard 802. 11a, b, g, dan ac mempunyai capaian kurang lebih 30 meteran serta buat 802. 11n mempunyai capaian sekitar 70 m.

Angka di atas merupakan perkiraan dengan anggapan tidak ada penghalang antara antena pemancar serta penerima. Tanda biasanya tidak bakal mendobrak dinding metal ataupun batu sedemikian itu pula tumbuhan serta dedaunan ialah penghalang gelombang 802. 11 yang bakal memblokir beberapa ataupun semua tanda WiFi.

Tidak hanya penghalang fisik semacam dinding tembok, kendala dari fitur elektronik yang lain yang menghasilkan tanda radio semacam misalnya dapur microwave, telepon nirkabel, serta pula tanda WiFi dari Router ataupun Access Poin yang lain pula bisa pengaruhi tanda WiFi yang kita gunakan. 

Kekuatan Sinyal WiFi

Dari penjelasan di atas, kita dapat mengenali kalau kekuatan sinyal wifi yang kita miliki, tidak seluruhnya terkait dari jarak saja, namun pula dipengaruhi aspek lain semacam material penghalang serta interferensi.

Material penghalang yang dapat meredam kekuatan sinyal Wifi serta kendala dari perlengkapan lain ataupun dari sesama access poin wajib kita pikirkan dikala melaksanakan pemasangan ataupun kalkulasi jumlah access poin yang diperlukan dalam sesuatu ruangan.

Jadi setelah mengetahui jarak maksimal penguat sinyal WiFi, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!