Cara Mengatasi WiFi Lemot Secara Sederhana dan Bisa Dilakukan Siapapun
Ilustrasi Router WiFi (Misha Feshchak on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Lemotnya jaringan internet Wi-Fi bisa disebabkan karena banyak hal. Oleh karenanya Anda harus siap mengalami jaringan lemot saat bekerja atau saat berselancar di dunia maya. Salah satu persiapannya adalah dengan mengantongi cara mengatasi Wifi Lemot.

Cara Mengatasi WiFi Lemot

Lemotnya jaringan WiFi sebenarnya bisa diatasi sendiri bahkan oleh Anda yang tidak begitu mendalami IT. Untuk lebih jelasnya simak beberapa cara melancarkan Wi-Fi yang lemot secara sederhana.

  1. Pencet Tombol Restart Router WiFi

Meski sederhana, me-restart router WiFi ternyata jadi cara efektif untuk memperlancar jaringan internet. Cara ini juga bisa digunakan pada modem. Untuk melakukannya, Anda cukup mematikan saklar atau tombol daya yang ada pada router. Setelah itu tunggu minimal 30 detik. Jaringan internet akan kembali stabil.

  1. Pindah Lokasi Router WiFi

Memindahkan router WiFi atau modem juga jadi cara sederhana untuk mengembalikan jaringan internet. Pemindahan ini dilakukan agar modem bisa menangkap sinyal internet lebih baik daripada biasanya.

Usahakan peletakan router ada di tempat yang tinggi dan sedikit terbuka seperti di dekat pintu atau jendela lantau dua rumah Anda. Hindari peletakan di lantai agar sinyal bisa ditangkap lebih baik.

  1. Ubah Arah Antena Router

Antena pada router berfungsi untuk menguatkan jangkauan sinyal WiFi. Untuk memperlancar jaringan internet cobalah untuk mengubah arah antena agar lebih maksimal sehingga device Anda bisa menangkap sinyal lebih baik.

  1. Clean Cache

Cache bisa penuh dan mengganggu jaringan internet lemot. Bahkan perangkat ikut lemot karenanya. Hal ini terjadi karena Anda kerap berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain atau banyaknya tab di browser yang Anda buka. Untuk mengatasi WiFI lemot karena cache Anda bisa mencarinya di pengaturan browser atau menggunakan aplikasi tambahan pembersih cache.

  1. Hindari Bandwidth yang Besar

Bandwidth adalah kuota maksimal dari data yang mampu ditransfer ke jaringan internet. Bandwidth yang besar akan berpengaruh pada lemotnya jaringan. Saat Anda membutuhkan internet yang stabil, sementara hindari Bandwidth yang besar seperti mengunduh film, bermain games, dan sebagainya.

  1. Pembatasan Jumlah Pengguna

Internet lemot bisa disebabkan karena banyaknya pengguna yang menggunakan jaringan. Terlebih jika mereka menggunakan jaringan internet untuk aktivitas berat seperti mengunduh film atau game. Untuk memangkas jumlah pengguna secara paksa Anda bisa mengubah sandi WiFi. Anda juga bisa mengetahui cara memblokir pengguna WiFi Indihome agar orang tak dikenal mencuri jaringan internet pribadi Anda.

  1. Ganti Jenis Browser

Jenis browser juga berpengaruh pada lemot atau tidaknya jaringan internet yang Anda gunakan. Kebutuhan data pada masing-masing browser berbeda-beda, ada yang hanya butuh data kecil namun ada pula yang butuh data besar.

Misalnya, Anda merasa jaringan lemot saat menggunakan Googlre Chrome. Untuk mengatasi kelemotan cobalah untuk berganti menggunakan Opera Mini.

  1. Manfaatkan Kabel Ethernet

Tahukah Anda bahwa perangkat canggih berpengaruh pada jaringan internet. Jaringan Anda akan terasa lemot saat ada perangkat lain yang lebih canggih terhubung pada WiFi yang sama. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa menggunakan saluran langsung dari router ke laptop Anda menggunakan kabel ethernet. Dengan menggunakan kabel ini koneksi Anda akan lebih stabil.

  1. Hubungi Customer Service

Langkah ini cukup efektif untuk mengatasi WiFi yang lemot. Ceritakan kendala Anda saat menggunakan WiFI kepada customer service. Mereka akan membantu melakukan pengecekan dari pusat dan melakukan reset dari pusat.

Itulah beberapa cara mengatasi WiFI lemot secara sederhana. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.