Wilayah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia, Calon Ibu Kota Baru Juga Termasuk
Ilustrasi tambang minyak (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan sumber daya alam (SDA) yang besar. Selain logam mulia dan batu bara, Indonesia juga memiliki kekayaan SDA yang berupa migas. Ada beberapa wilayah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia yang berpotensi untuk dikembangkan.

Penghasil Minyak Bumi Terbesar

Dikutip dari Katadata, Trading Economics menjelaskan bahwa produksi minyak di Indonesia ada dalam 10 besar di antara negara G20 lain. Indonesia bahkan menempati posisi 9 di bawah Britania Raya dengan produksi minyak mentah 644 ribu barel per hari periode September 2021.

Meski potensi minyak cukup besar, tak semua wilayah di Indonesia memiliki minyak. Adapun beberapa wilayah yang memiliki potensi SDA berupa petroleum (minyak bumi) adalah sebagai berikut.

  1. Riau

Masyarakat Riau patut berbangga. Tidak hanya indah, Provinsi Riau juga punya potensi minyak bumi yang cukup besar karena mampu menghasilkan minyak 365.827 barel per hari. Minyak tersebut dihasilkan dari Kepulauan Natuna yang memiliki 6 blok pertambangan yakni Rokan, Mountain Front Kuantan, Siak, Coastal Plains & Pekanbaru, Selat Malacca, dan Selat Panjang.

Bahkan sepanjang tahun 2021, SKK Migas – KKKS Wilayah Riau sukses melakukan pengeboran sumur sebanyak 263 sumur.

"Ada 263 sumur yang dibor selama 2021. Jumlah tersebut berasal dari pengeboran yang dilakukan oleh PT Chevron Pacific Indonesia, PT Pertamina Hulu Rokan, EMP Bentu Ltd, BOB PT BSP – Pertamina Hulu, EMP Malacca Strait SA dan Texcal Mahato," ucap Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus di Pekanbaru, dikutip dari riau.go.id, Senin, 5 September 2022.

  1. Papua Barat

SDA minyak yang dimiliki Papua Barat ternyata jadi salah satu yang terbesar. Wilayah ini mampu menghasilkan minyak sebanyak 14.811 barel per hari. Sumber minyak bumi banyak ditemukan di Kota Sorong yakni di Klamono, Linda, Salawati, atau sekitar Bintuni.

Besarnya potensi minyak bumi di Papua Barat membuat perusahaan Nederlands Nieuw-Guinea Petroleum Maatschappij (NNGPM) melakukan aktivitas pengeboran minyak bumi pada 1935. Hasilnya, Papua Barat mampu menghasilkan minyak mentah sebesar 8.243 barel dan kondensat sebanyak 6.568 barel.

  1. Sumatera Selatan

Provinsi ini punya batubara, gas alam, dan minyak bumi. Beberapa daerah yang menghasilkan minyak bumi di Sumatera Selatan seperti Plaju, Sungai Gerong, dan Muara Enim. Provinsi ini mampu menghasilkan minyak bumi dengan kapasitas 30.718 barel per hari dan kondensat sebanyak 10.339 barel.

Terbaru, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) - Regional Sumatera Zona 4 berhasil menemukan cadangan minyak dan gas (migas) baru yang ada di Desa Paduraksa, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

  1. Jawa Timur

Siapa sangka, Jawa Timur jadi provinsi penyumbang minyak mentah untuk Indonesia. Bahkan, produksi minyak di Jatim mencapai 305 ribu barel per hari. Wilayah di Jatim yang memiliki SDA minyak bumi adalah Kangean, Tuban, Cepu, Brantas, Gresik, Madura Barat, dan Bawean.

Dikutip dari kominfo.jatimprov.go.id, Jawa Timur jadi salah satu provinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Hal itu terbukti dari banyaknya penemuan ladang migas di Jatim.

Sepanjang sejarah, salah satu penemuan tambang migas terbesar adalah Blok Cepu yang berada di Kabupaten Bojonegoro lantaran mengandung cadangan Migas sebesar 7,7 triliun kaki kubik minyak bumi atau setara 650 juta barel. Potensi minyak di Jawa Timur diketahui sebesar 583.475,5 juta barel.

  1. Kalimantan Timur

Keberadaan minyak bumi di Kalimantan Timur ikut menyumbang minyak bumi dari Indonesia. Bahkan minyak dan gas jadi komoditas ekspor Kaltim terbesar.

Di Balikpapan misalnya, Pertamina melakukan pengeboran minyak dengan kapasitas mencapai 260 ribu barel per hari dan memasok 26% BBM di Indonesia, terutama di bagian Timur.

Itulah beberapa wilayah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Untuk mendapatkan informasi menarik lain, kunjungi VOI.ID.