5 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia, Amerika dan Rusia Punya Pengaruh Besar
Ilustrasi penghasil minyak bumi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam berberapa waktu terakhir, kondisi pasar minyak dunia dipengaruhi oleh dua peristiwa besar, yakni pandemi COVID-19 dan invasi Rusia ke Ukraina.

Akibat dua peristiwa itu, harga minyak dunia melabung tinggi. Negara-negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia pun menjadi sorotan.

Negara-negara penghasil minyak bumi terbesar punya peran penting dalam menjaga stabilitas harga minyak. Tingginya harga minyak dunia berimbas pada kenaikan BBM yang terjadi di Indonesia. Kondisi ini pun dikeluhkan oleh masyarakat. 

Minyak bumi adalah sumber daya alam yang terproduksi secara alami dari endapan hidrokarbon dan bahan organik lainnya. Hasil dari olahan dari minyak bumi digunakan untuk banyak kebutuhan masyarakat, seperti bahan baku industri, bahan bakar kendaraan, pembuatan perabotan, hingga untuk bahan produk kesehatan dan kecantikan. 

Lantas mana saja negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia? 

Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia

Ada banyak negara yang terkenal dapat menghasilkan minyak bumi. Namun hanya ada beberapa negara yang menjadi produsen minyak bumi terbesar di dunia. Wilayah yang mempunyai kandungan minyak bumi melimpah adalah kawasan daratan tandus, lautan lepas, rawa, dan sekitar pantai. 

Amerika Serikat

Negara yang menempati urutan pertama sebagai penghasil minyak bumi terbesar adalah Amerika Serikat. AS dapat menghasilkan minyak bumi sebanyak 18.875.00 bph. Volume produksi ini mengalami peningkatan sebesar 266.000 barel per hari dibandingkan pada tahun 2020.

Lalu manakah daerah di AS yang menghasilkan minyak terbesar? Texas, negara bagian di AS, menjadi daerah yang memproduksi minyak terbesar di AS. Texas mampu memproduksi minyak empat kali lebih tinggi dari negara penghasil minyak terbesar kedua, New Mexico.

Namun selain menjadi penghasil minyak terbesar, AS juga menjadi negara konsumen minyak yang besar. Pada tahun lalu, AS mencatat angka konsumsi produk minyak bumi total 7,22 miliar barel, jika dihitung rata-rata sekitar 19,78 juta barel per hari.

Arab Saudi

Negara produsen minyak bumi terbesar kedua ditempati oleh Arab Saudi. Negara ini memang terkenal dengan julukan raja minyak. Produksi minyak negara Arab Saudi mencapai 10.835.000 bph pada tahun 2021.

Arab Saudi menyimpan sebanayk 17 persen dari cadangan minyak dunia. Negara yang memiliki gurun pasir luas ini juga merupakan pengekspor minyak terbesar. Sektor minyak dan gas Arab Saudi menyumbang kisara 50 persen dari produk domestik bruto. Sementara pendapat dari ekspornya sekitar 85.

Rusia

Urutan ketiga negara penghasil minyak terbesar di dunia adalah Rusia. Rusia mengalami peningkatan produksi minyak sejak beberapa tahun terakhir. Produksi minyak negara ini mencapai 10.778.000 barel per hari pada tahun 2021. 

Wilayah di Rusia yang menyimpan sebagai besar minyak berada di Siberia Barat, antara Pegunungan Ural dan Dataran Tinggi Siberia Tengah, serta di wilayah Ural-Volga, memanjang ke Laut Kaspia.

Daya suplai minyak Rusia menjadi sorotan ketika terjadinya Invasi Rusia terhadap Ukraina. Rusia menyuplai minyak sebanyak 10 persen dari produksi global. Namun akibat perang tersebut, Kanada, AS, Inggris, dan Australia melarang impor minyak Rusia.

Kanada

Negara selanjutnya yang menjadi produsen minyak terbesar adalah Kanada. Kanada mampu menghasilkan produksi minyak mencapai 5.558.000 barel per hari pada tahun 2021. Angka produksi minyaknya mengalami kenaikan sebsar 5.235.000 barel per hari dari tahun sebelumnya. 

Wilayah di Kanada yang memiliki cadangan minyak besar terletak di Alberta. Sejumlah 97 persen cadangan minyak ada dalam bentuk pasir minyak. Sebagian besar distribusi enegeri milik Kanada yakni mengekspor energi ke AS. Namun Kanada telah mengembangkan atau memperluas hubungan dagang dengan pasar negara berkembang di Asia. 

Cina

Urutan selanjutnya negara penghasil minyak bumi terbesar adalah Cina. Negara berideologi Komunis ini mampu memproduksi minyak mencapai 4.993.000 barel per hari pada tahun 2021. 

Selain sebagai produsen minyak terbesar, di sisi lain Cina juga menjadi konsumen minyak terbesar kedua di dunia. Hal itu disebabkan karena Cina adalah negara terpadat di dunia, serta memiliki perekonomian yang berkembang pesat.  

Namun bencana pandemi COVID-19 pada tahun 2020 mempengaruhi produksi minyak di Cina. Kilang minyak mentah China mengurangi produksinya dalam beberapa bulan awal 2020.

Itu tadi beberapa negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Selain negara-negara yang sudah disebutkan di atas. Negara produsen minyak terbesar disusul oleh Irak, Uni Emirat Arab, Brasil, Iran, dan Kuwait.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.