Inilah 10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?
Ilustrasi tambang emas milik PT Freeport Indonesia (Antara).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang populer. Logam mulia ini banyak dicari karena harganya cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak perusahaan tambang yang terus melakukan eksplorasi komoditas tersebut. Di Tingkat global, China menjadi negara penghasil emas terbesar di dunia.

Negeri Tirai Bambu itu berkontribusi sekitar 11 persen dari total pasokan emas global pada tahun 2020.

Asal tau saja, aktivitas penambangan emas termasuk dalam bisnis global yang dijalankan di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Di Tingkat Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara penghasil emas terbesar, sebagaimana dihimpun VOI dari berbagai sumber. 

Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Berdasarkan data dari World Gold Council (WGC) 2021, berikut daftar negara-negara penghasil emas terbesar di dunia:

  1. China

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, China menyumbang sekitar 11 persen dari total produksi global. Posisi China sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia belum tergeser selama empat tahun berturut-turut, kendati produksi emasnya turun dari 383 ton menjadi 368,3 ton dari tahun lalu.

  1. Rusia

Rusia menduduki peringkat kedua negara penghasil emas terbesar di Dunia. Rusia tercatat mampu menghasilkan emas sebanyak 331,1 ton.

  1. Australia

Australia sebenarnya adalah negara penghasil emas terbesar kedua. Akan tetapi, pada 2019, posisinya digeser oleh Rusia.

Meski begitu, produksi emas di Australia terus mengalami peningkatan selama delapan tahun berturut-turut. Tahun lalu, produksi emas Australia mencapai 327,8 ton.

  1. Amerika Serikat
Ilustrasi aktivitas penambangan emas
Ilustrasi aktivitas penambangan emas. (Pixaba). 

Jumlah emas yang diproduksi oleh Amerika Serikat sebesar 190,2 ton pada 2021. Periode itu merupakan kali pertama negara Paman Sam memproduksi emas di bawah 200 ton.

  1. Kanada

Posisi kelima negara penghasil emas terbesar dihuni oleh Kanada. Negara tersebut menghasilkan emas sebesar 170,6 ton pada 2021.

  1. Ghana

Di bawah Kanada, ada Ghana yang mampu memproduksi emas sebesar 138,7 ton. Ghana merupakan negara penghasil emas terbesar di Afrika.

Tak hanya itu, Ghana juga dikenal sebagai daerah yang memiliki cadangan berbagai mineral untuk keperluan industri.

  1. Brasil

Brasil berhasil meningkatkan jumlah produksi emas dalam tiga tahun berturut. Pada 2019, Brasil berada di posisi 10 negara penghasil emas terbesar di dunia.

Di tahun 2021, Brasil berhasil memperbaiki posisinya dan kini menempati peringkat ketujuh dengan produksi emas sebanyak 107 ton.

  1. Uzbeskistan

Selain Brasil, Uzbekistan juga mampu meningkatkan produksi emasnya, dari 94,6 ton menjadi 101, 6 ton pada 2019. Berkat kinerja positif itu, Uzbekistan masuk dalam 10 besar negara penghasil emas terbesar dengan menduduki peringkat delapan.

  1. Meksiko

Bisa dibilang, Meksiko adalah tempat yang menarik untuk eksplorasi emas, karena biaya regulasi pertambangan di negara tersebut relatif rendah.

Meksiko menduduki peringkat sembilan negara penghasil emas terbesar dengan produksi emas sebesar 101,6 ton.

  1. Indonesia

Kendati menjadi negara penghasil emas terbesar di Asia Tenggara, Indonesia menduduki peringkat 10 di tingkat global dalam hal produksi emas.

Tercatat, Indonesia mampu menghasilkan 100,9 ton emas. Indonesia dikenal sebagai rumah untuk tambang emas terbesar kedua di dunia, yakni Gasberg yang dioperasikan oleh PT Freeport Indonesia.

Indonesia bertanggung jawab menyumbang sekitar 3 persen pasokan emas global. Demikianlah informasi 10 negara penghasil emas terbesar di dunia.