Bagikan:

YOGYAKARTA – Padi beras masih jadi bahan pokok makanan yang digemari oleh masyarakat dunia. Sayangnya tidak semua negara mampu menghasilkan padi karena berbagai faktor terutama cuaca. Di sisi lain ada pula negara yang mampu menjadi penyedia padi dengan skala besar. 10 negara penghasil padi terbesar di dunia ini mampu menyediakan stok bahan pakan untuk dunia.

10 Negara Penghasil Padi Terbesar di Dunia

Depatermen Pertanian Amerika Serikat United States Department of Agriculture (USDA) merilis daftar negara yang mampu menghailkan padi dan beras dalam skala besar. Berikut ini negara penghasil bahan pokok tersebut, dikutip dari situs USDA.

  1. Tiongkok

Tiongkok ternyata masih memegang predikat sebagai negara penghasil beras terbesar di dunia. Padi dari negara ini bahkan diimpor ke berbagai negara. Produksi beras tahunan China berhasil menyentuh angka 147,691 juta metrik ton. Tiongkok membudidayakan beras di lahan dengan luas 29,87 juta hektar. Negara Tiongkok ini mendapat juukan Lumbung Beras Dunia.

  1. India

Menyusul China, India berhasil menghasilkan padi tiap tahun sebesar 125,038 juta metrik ton dengan pengelolaan lahan seluas 45,513 juta hektar. Kondisi tersebut bisa terjadi karena didukung oleh tanah yang subur dengan wilayah tadah hujan. Curah hujan di India juga tinggi setiap tahunnya sehingga memungkinkan untuk menanam padi. Atas kesuburannya, India mendapat julukan Negara Seribu Tanaman.

  1. Bangladesh

Ekonomi di Bangladesh ditopang oleh sektor pertanian, salah satunya berupa padi. Bahkan 75 persen lahan pertanian Bangladesh dimanfaatkan untuk pertanian padi dan sukses menyokong PDB sebesar 28 persen. Negara ini memproduksi beras tahunan sebesar 35,511 juta metrik ton yang dikelola pada lahan seluas 11,66 juta hektar. Negara ini mendapat julukan Negara Padi dan Ikan.

  1. Indonesia

Sebagai negara dengan iklim tropis, indonesia berhasil memproduksi sehingga menjadikan negara ini sebagai produsen padi terbesar dunia keempat. Hasil padi tahunan Indonesia sebesar 34,36 juta metrik ton dengan luas lahan yang dimanfaatkan 11,53 juta hektar. Saking banyaknya, Bulog serap 800.000 ton beras petani hingga semester I 2024. Indonesia mendapat julukan Negara Agraris.

  1. Vietnam

Tak mau kalah dengan Indonesia, Vietnam juga berhasil memproduksi beras tahunan sebanyak kurang lebih 27,10 juta metrik ton dengan pemanfaatan lahan seluas 7,30 juta hektar. Atas produksi tersebut Vietnam dikenal sebagai negara penghasil beras global. Julukan untuk Vietnam adalah Lumbung Beras Asia Tenggara.

  1. Thailand

Negara Thailand juga cukup kuat di sektor pertaniannya hingga mampu menghasilkan beras wangi dengan kualitas terbaik. Negara ini mampu memproduksi padi sebanyak 19,529 juta metrik ton tiap tahunnya yang ditanam di 10,55 juta hektar lahan pertanian. Thailand sampai sekarang dijuluki Dapur Dunia.

  1. Myanmar

Punya iklim dan kesuburan tanah yang mendukung, Myanmar berhasil memegang predikat sebagai salah satu negara penghasil beras dunia. Negara ini bisa memproduksi padi tahunan sebanyak 12,53 juta metrik ton dengan luas lahan yang ditanami sebesar 6,93 juta hektar. Negara ini mendapat julukan Keranjang Pangan Asia.

  1. Filipina

Secara tahunan, Filipina berhasil memproduksi beras kurang lebih 12,249 juta metrik ton. Beras tersebut ditanam tersebar di lahan seluas 4,75 juta hektar. Meski produksi beras tinggi, Filipina justru mendapat julukan Negeri Kelapa.

  1. Jepang

Mengandalkan teknologi dan ilmu tradisional pertanian, Jepang juga berhasil menjadi negara produsen beras. Capaian produksi beras Jepang tahunan mencapai 7,591 juta metrik ton. Negara ini mendapat julukan Negeri Tanaman Indistri dan Beras.

  1. Pakistan

Sektor pertanian sangat penting bagi Pakistan sehingga negara tersebut mampu menghasilkan beras dengan jumlah besar tahunannya. Jumlah padi di Pakistan yang berhasil diproduksi sebanyak 7,53 juta metrik ton dengan penanaman di lahan tersebar seluas 3,14 juta hektar. Negara ini mendapat julukan Tanah Kapas dan Gandum karena hasil tersebut melebihi beras.

Itulah 10 negara penghasil padi terbesar di dunia. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.