Gandeng Perusahaan Energi Arab Saudi, Pertamina NRE Kembangkan Kilang Tuban
Foto: Dok. Pertamina NRE

Bagikan:

JAKARTA - Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE), menggandeng perusahaan energi asal Arab Saudi ACWA Power dalam upaya penyediaan pembangkit tenaga listrik, uap, dan air di proyek Grass Root Refinery and Petrochemical (GRR&P) Tuban, Jawa Timur.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan joint development agreement (JDA) yang dilakukan oleh CEO PNRE Dannif Danusaputro dan Presiden dan CEO ACWA Power Paddy Padmanathan dalam acara B20 Summit di Bali pada Minggu 13 November.

Danif merinci, ruang lingkup JDA meliputi pengembangan pembangkit listrik berkapasitas 575 MW, pembangkit uap berkapasitas 3.288 ton per jam, dan pabrik desalinasi air berkapasitas 12.000 ton per jam. Ini akan memasok Tuban Grass Root Refinery and Petrochemical (GRR&P), proyek PT Pertamina Rosneft Pengolahan & Petrokimia (PRPP).

Berlokasi di Tuban, proyek GRR&P merupakan salah satu proyek strategis nasional Indonesia dalam rangka membangun ketahanan energi nasional dan memajukan industri petrokimia dalam negeri.

“Ini merupakan kerjasama strategis dimana Pertamina NRE akan mendukung proyek GRR&P Tuban yang akan berperan penting dalam membangun ketahanan energi nasional. Kami akan mendukung proyek GRR&P Tuban dengan memberikan solusi rendah karbon,” kata Dannif Danusaputro dalam keterangannya, Senin 14 November.

Sementara itu Paddy Padmanathan mengatakan, sebagai perusahaan yang mendorong transisi, dirinya berharap dapat berkolaborasi dengan Pertamina NRE dan dapat memanfaatkan keahlian ACWA Power dalam pengembangan desalinasi air yang dimiliki.

“Dengan strategi implementasi perubahan iklim di puncak kesadaran global, pendekatan terpadu yang dapat memungkinkan dekarbonisasi dengan cara yang bertanggung jawab dan andal adalah kunci untuk mengurangi dampak industri padat karbon,” kata Paddy.

Asal tahu saja, pembangkit listrik dari proyek ini merupakan bagian dari solusi rendah karbon. Pertamina megklaim, pengembangan solusi rendah karbon merupakan salah satu fokus bisnis Pertamina NRE, seiring dengan pengembangan energi terbarukan, dan membangun bisnis masa depan. Pertamina NRE juga tetap berkomitmen untuk mendukung emisi nol bersih nasional pada tahun 2060.

Sementara itu, ACWA Power memiliki misi untuk menyalurkan listrik dan air desalinasi secara andal dengan biaya rendah, sehingga dapat berkontribusi secara efektif bagi pembangunan masyarakat dan negara yang berkelanjutan, sosial dan ekonomi.