Penonton Sirkuit Mandalika Lampaui Donnington, Erick Thohir: Indonesia Sanggup jadi Tuan Rumah yang Baik
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kejuaraan motor World Superbike (WSBK) dan World Supersport (WSSP) di Pertamina Mandalika International Circuit telah tuntas.

Menariknya, jumlah penonton di Mandalika melampaui jumlah penonton WSBK di Sirkuit Donnington, Inggris.

Hal tersebut berdasarkan laporan dari Komandan Lapangan WSBK Mandalika 2022 Jamaluddin Maladi usai penyelenggaraan ajang balap motor pada 12-13 November 2022.

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan kegembiraannya atas pencapaian tersebut.

Kata dia, tingginya jumlah penonton tersebut merupakan pembuktian banyak hal positif atas Sirkuit Mandalika, BUMN yang terlibat di dalamnya, serta Indonesia.

Lebih lanjut, Erick mengatakan, membeludaknya penonton menunjukkan kepercayaan publik terhadap keamanan Sirkuit Mandalika yang baru dua kali menjadi tuan rumah WSBK.

Publik juga menaruh kepercayaan terhadap kenyamanan sarana dan prasarana di sekitar Sirkuit Mandalika.

Erick juga menggarisbawahi bahwa suksesnya pelaksanaan kejuaraan dunia setinggi WSBK merupakan hasil kolaborasi banyak pihak, termasuk BUMN yang turut terlibat.

"Semua hal positif itu telah memberikan angin segar pada nama baik Indonesia sebagai tuan rumah WSBK. Tidak ada keraguan atas kemampuan Indonesia untuk menjadi tuan rumah perhelatan yang mendunia. Semuanya aman, nyaman, dan sukses," ujar Erick.

Para pebalap internasional yang ikut dalam kejuaraan WSBK maupun WSSP secara tidak langsung menjadi duta Indonesia di mata dunia.

"Mereka akan menyebarkan kabar baik tentang Indonesia di luar negeri," ungkap Erick.