Menparekraf Sandiaga: Ajang WSBK Berikan Dampak Peningkatan Ekonomi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, ajang World Superbike (WSBK) yang digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, mampu mendatangkan dampak peningkatan ekonomi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di NTB.

WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika berlangsung seru, Pembalap Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu sukses meraih kemenangan di Race 1, disusul pembalap Ducati, Alvaro Bautista, dan di posisi ketiga ada pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea.

"Pertandingan berjalan sukses, didukung dengan cuaca yang cerah. Ini momentum bagi NTB dan Indonesia untuk membangkitkan ekonomi bagi para pelaku parekraf dan masyarakat NTB khususnya," ujarnya dalam keterangan resmi Minggu, 13 November.

Sekadar informasi, World Superbike (WSBK) 2022 merupakan ajang yang digelar di Sirkuit Mandalika pada 11 hingga 13 November 2022 untuk kedua kalinya usai sebelumnya dilaksanakan pada November 2021.

Sandi sapaan akrab Sandiaga Uno mengatakan penyelenggaraan WSBK 2022 dipersiapkan bersama dengan seluruh pihak mulai dari Dorna Sports, MGPA, ITDC, Pemprov NTB, dan seluruh pemangku kepentingan terkait.

"Jumlah wisatawan di Bandara Internasional Lombok perhari ini sudah mencapai 6.000 kunjungan per hari di mana targetnya 8.000 kunjungan," ucapnya.

Sandi berharap, setelah gelaran WSBK ini akan ada peningkatan jumlah wisatawan ke Lombok, khususnya menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023.

"Kita harap setelah WSBK ini, peningkatan jumlah wisatawan semakin bertambah terlebih menjelang libur natal dan tahun baru," katanya.