Harapan Besar Menparekraf Sandiaga Uno pada Gelaran World Superbike 2023 di Mandalika
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan yang akan menonton ajang balap World Superbike (WSBK) 2023 ditargetkan mampu meningkat lebih dari 10 persen dibandingkan perhelatan sebelumnya.

"WSBK ini terus kami pantau karena WSBK ini sangat berdampak kepada ekonomi lokal, maka kami harapkan (jumlah pengunjung) akan meningkat antara 20-30 persen," kata Sandiaga dalam acara "The Weekly Brief with Sandi Uno", Senin, 27 Februari.

Terkait jumlah UMKM yang bakal hadir dalam kejuaraan WSBK seri kedua ini, kata Sandiaga, terdapat kuliner lokal serta sektor fesyen dan kriya yang juga ramai peminat.

"Kami juga berharap WSBK yang puncaknya hari Minggu ini akan mendapatkan respons yang sangat positif. Harapannya, tentunya ini akan menggeliatkan ekonomi setempat, membuka peluang usaha dan lapangan kerja sesuai dengan target pemerintah menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024," imbuhnya.

Sekadar informasi, WSBK Mandalika 2023 akan berlangsung pada akhir pekan ini, 3-5 Maret 2023.

Berbeda dengan sebelumnya yang digelar akhir tahun, kali ini WSBK Mandalika digelar pada awal tahun. Ini membuat pencinta balap motor Indonesia bisa lebih cepat menyaksikan pembalap kelas dunia tampil di Mandalika.

Adapun kejuaraan nasional balap motor sportbike Mandalika racing series, bakal digelar di sela FIM Superbike World Championship (WSBK) 2023 untuk memeriahkan kejuaraan dunia seri kedua, serta sebagai upaya mendukung pembalap nasional untuk berkompetisi di negeri sendiri. Untuk seri pertama akan diadakan bersamaan dengan WSBK dan seri kedua pada Juli dan Oktober mendatang.