Sandiaga Uno Buka Peluang Penonton Bisa Nonton Langsung Superbike di Mandalika
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: Instagram @sandiuno)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuka peluang gelaran kejuaraan dunia balap motor World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dibuka untuk umum. Artinya, penonton dapat menyaksikan acara tersebut secara langsung.

Namun demikian, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, hal itu bisa terjadi dengan catatan jika angka penyebaran COVID-19 mulai terkendali. Menurut Sandi, hingga saat ini pemerintah masih terus mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan agar gelaran tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga tak terjadi lonjakan gelombang COVID-19.

Sekadar informasi, proses pembangunan lintasan balap di Sirkuit Mandalika sendiri telah memasuki tahap lapisan kedua dan diproyeksikan rampung bulan Agustus 2021.

"Jadi kami sangat siap untuk World Superbike tapi tentunya ini sangat tergantung juga dengan keadaan COVID-19 dan arahan dari Rapat Terbatas (Ratas) di mana ketika situasinya memungkinkan tentunya kami akan menyesuaikan jumlah penonton yang bisa hadir secara langsung," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa, 22 Juni.

Sandiaga mengatakan selain pembangunan lintasan balap, perkembangan pembangunan fasilitas lain telah memasuki tahap akhir. Di antaranya yakni perluasan bandara yang sudah mencapai 99 persen untuk terminal dan landasannya.

Lebih lanjut, Sandiaga berujar pembangunan seluruh akses menuju Sirkuit Mandalika juga tengah dikebut. Di mana perkembangannya saat ini telah mencapai 70 persen.

"Mudah-mudahan seluruh pembangunannya bisa segera selesai dan akses yang segera disiapkan teman-teman di Kementerian PUPR sudah mencapai 70 persen," ucapnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berharap ke depan penyebaran virus COVID-19 dapat segera ditangani. Sehingga, gelaran tersebut dapat dihadiri oleh penonton secara langsung. Menurut Sandiaga, hadirnya penonton dapat menggairahkan kembali ekonomi yang tengah terpuruk, khususnya masyarakat di wilayah penyangga Mandalika.

"Bagaimana dampak perekonomian lokal dan provinsi di sekitarnya kita harapkan juga bisa menggeliatkan. Serta membuka peluang kerja untuk meningkatkan ekonomi rakyat di Mandalika dan tentunya desa-desa penyangga di sekitar," tuturnya.

Seperti diketahui, berdasarkan jadwal yang telah dirilis World Superbike (WSBK) seri ke-13 atau seri penutup musim 2021 akan digelar di Circuit Mandalika pada tanggal 12 hingga 14 November 2021. Indonesia juga menjadi satu-satunya seri di kawasan Asia pada musim balap 2021.