Ajak Masyarakat Tonton WSBK 2023, Sandiaga Uno Targetkan 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat dan wisatawan untuk hadir dalam penyelenggaraan World Superbike (WSBK) Indonesia 2023 yang akan digelar di Nusa Tenggara Barat, pada 3-5 Maret mendatang.

Sandiaga mengatakan, ajang balap motor internasional tersebut dapat memberikan dampak yang luas terhadap kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja, khususnya di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Mandalika.

"Kami mengajak masyarakat untuk senantiasa menyambut penyelenggaraan World Superbike 2023 yang rencananya akan berlangsung pada 3 hingga 5 Maret 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Nusa Tenggara Barat," kata dia dalam siaran pers, Jumat, 13 Januari.

Pada penyelenggaraan musim 2022, kata Sandiaga, jumlah penonton yang menyaksikan langsung di Sirkuit Mandalika berhasil menembus rekor tertinggi dalam sejarah penyelenggaraan World Superbike di berbagai negara, yaitu mencapai 51.629 penonton.

Jumlah itu pun memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tingkat okupansi hotel meningkat rata-rata hampir mencapai 100 persen dan menyerap 6.900 tenaga kerja. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lombok Tengah turut meningkat hingga mencapai Rp300 miliar.

"(Penjualan) produk-produk ekonomi kreatif juga meningkat, sehingga mendongkrak peningkatan citra pariwisata Indonesia," ujarnya.

"Jadi, saya titip agar booth UMKM kami kembali dihadirkan. Festival kuliner, festival musik juga dihadirkan karena aktivitas pariwisata dan ekonomi kreatif di Lombok dan NTB sangat terbantu dengan WSBK," tambahnya.

Sandiaga juga mengajak PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika atau The Mandalika untuk meningkatkan investasi di segi infrastruktur dan akomodasi.

"Dengan event yang terus bergulir, apalagi tadi cerita mengenai formula dua dan ada beberapa kegiatan lomba balap mobil, ini juga akan meningkatkan kebutuhan jumlah hotel di sana (NTB), selain jumlah homestay yang sudah lebih dari 1.000 unit yang dibangun pemerintah dan mitra," paparnya.

"Targetnya 4,4 juta lapangan kerja baru tercipta di 2024. Mudah-mudahan, WSBK membawa kebangkitan ekonomi dan lapangan kerja, serta kesejahteraan masyarakat Indonesia," tutup Sandiaga.