Sandiaga Minta Wisatawan Antisipasi Cuaca Ekstrem Saat Liburan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/12/2022). ANTARA/Indra Arief Pribadi

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meminta wisatawan mengantisipasi cuaca ekstrem di beberapa destinasi wisata saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Wisatawan harus mengantisipasi dan berhati-hati, utamakan keselamatan, dan terus berkoordinasi dengan pihak aparat setempat dan pastikan bahwa kunjungan wisata nya aman, nyaman, dan menyenangkan," ujar Sandiaga usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta dilansir ANTARA, Senin, 26 Desember.

Sandiaga mengatakan pemerintah mencermati di beberapa destinasi wisata unggulan, terdapat cuaca ekstrem seperti gelombang tinggi, curah hujan yang melebihi prediksi dan lain sebagainya.

Dia meminta wisatawan mengantisipasi hal itu melalui koordinasi dengan aparat dan pihak terkait.

Adapun pemerintah, kata dia, sudah melakukan persiapan terkait libur natal dan tahun baru, di mana diperkirakan akan terdapat pergerakan 44-45 juta wisatawan.

Pemerintah juga memantau tren peningkatan kunjungan di sentra-sentra perekonomian.

Sandiaga mengatakan, pemerintah turut mengimbau panitia perhelatan akhir tahun khususnya konser musik agar memperhatikan penerapan protokol keselamatan, keamanan dan kesehatan.

"Sehingga bisa berjalan lancar dan bisa menggerakkan ekonomi dan membuka peluang usaha serta lapangan kerja bagi banyak masyarakat yang sekarang membutuhkan geliat ekonomi khususnya di ekonomi-ekonomi di daerah pariwisata prioritas," tutur dia.