Superbike Berapa CC? Berikut Kapasitas Mesin hingga Tenaga yang Dihasilkan Motor Balap WSBK
Pebalap WSBK, Jonathan Rea. (Foto Twitter-@jonathanrea)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagian orang mungkin bertanya superbike berapa cc, mengingat Indonesia telah menjadi tuan rumah kejuaraan World Superbike (WSBK). Tahun ini, Ajang balap motor tersebut kembali digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Barat, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 11-13 November 2022. .

Sebelumnya, Indonesia berhasil mementaskan ajang WSBK pada 19-21 November 2021. Kala itu, pembalap Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu berhasil keluar sebagai pemenang WSBK Mandilka.

Superbike Berapa CC?

Menyadur laman resmi Red Bull, balapan World Superbike diatur oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM). Selain itu, ajang WSBk juga mempunyai serangkaian peraturan teknis yang yang ditetapkan oleh Dorna Sports.

Sekedar informasi, Dorna Sports adalah badan yang berkuasa di FIM sekaligus pemegang hak siar ajang balap motor seperti MotoGP dan WSBK.

Menurut peraturan Dorna, motor yang digunakan oleh ajang WSBK tidak boleh melewati kapasitas 1.000 cc.

Perlu diketahui, cc adalah singkatan dari cubicle centimeter (cm3). Istilah ini digunakan untuk mengambarkan kapasitas mesin yang berasal dari kinerja piston di dalam silinder mesin pembakaran yang menggunakan satuan cm3.

Kapasitas mesin merupakan volume seluruh piston dalam silinder mesin yang diukur berdasarkan gerakan maksimum dari atas ke bawah. Apabila cc mesin besar, tenaga yang dihasilkan oleh kendaraan juga besar.

Menyadur laman resmi Dorna WorldSBK, motor yang digunakan untuk ajang superbike berbeda dengan motor yang dijual dipasaran. Motor-motor tersebut telah dimodifikasi pada bagian manajemen mesin, sistem pembuangan, suspense, rem dan sejumlah bagian mesin.

Motor yang digunakan oleh pebalap WSBK harus mempunyai berat minimal 168 kilohram. Cc motor WSBK berkubikasi antara 750 cc dan 1200 cc, tergantung pada jumlah silinder yang terdapat pada mesin.

Spesifikasi Motor Superbike

Secara lebih rinci, berikut spesifikasi motor yang digunakan pebalap WSBK, sebagaimana dihimpun VOI dari berbagai sumber:

  1. Jenis Motor

Motor yang digunakan untuk ajang WSBK merupakan produksi massal atau komersial. Kendati demikian, motor-motor tersebut telah dimodifikasi pada bagian manajemen mesin, sistem pembuangan, suspense, rem dan sejumlah bagian mesin.

Jenis motor yang digunakan oleh tim dalam ajang WSBK seperti Kawasaki ZX-10RR, Yamaha R1, Honda CBR1000RR, BMW S1000RR, Ducati Panigale V4 R.

  1. Bobot Motor

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, bobot motor yang dipergunakan untuk ajang superbike minimal di angka 168 kilogram

  1. Sasis

Aturan soal mesin dan sasis di WSBK tergolong berat. Pasalnya, motor wajib mempertahankan kontruksi dan desain sasis produk asli. Penggunaan material lain pun dibatasi.

Aturan ini, berbeda dengan ajang MotoGP, yang memperbolehkan menggunakan material serat karbon, titanium hingga magnesium.

  1. Setelan Elektronik

Dalam balapan WSBK, Electronic Control Unit alias ECU yang digunakan oleh tim mengusung label MKE7 dan disuplai oleh vendor Italia Mectronik

  1. Tenaga Motor

Ketika diuji oleh ahli, motor yang digunakan oleh pebalap WSBK memiliki tenaga 200 hingga 250 horse power (hp).

Demikian informasi seputar superbike berapa cc. Semoga bermanfaat!