Perbedaan MotoGP dan WSBK, Jangan Sampai Salah
Perbedaan MotoGP dan WSBK (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Beberapa hal dapat mengalahkan kegembiraan balap superbike atau MotoGP, tetapi ini adalah dunia berbahaya yang harus dilalui dengan hati-hati, karena tidak semudah yang terlihat oleh para pengendara. Lalu apa perbedaan motoGP dan WSBK (World Superbike machines are slower).

Mudah-mudahan ini menunjukkan kepada Anda di mana mencarinya jika Anda pemula dalam sensasi superbike atau MotoGP. Ini mungkin membantu Anda memahami kompetisi sehingga Anda tahu lebih banyak tentang apa yang Anda tonton.

Perbedaan MotoGP dan WSBK

MotoGP (Unsplash)
MotoGP (Unsplash)

 

MotoGP

Ini adalah tingkat elit balap sepeda. Sepeda yang digunakan adalah prototipe yang selalu disempurnakan untuk tetap berada di depan kurva. Pabrikan berusaha sekuat tenaga untuk menunjukkan kapasitas mereka untuk mengintegrasikan teknologi baru, dan hasilnya adalah kompetisi yang menjamin bentuk balap roda dua tercepat, sambil menarik pengendara terbaik dari seluruh dunia. Kompetisi diadakan di banyak tujuan setiap tahun untuk menentukan juara dunia.

Superbike Dunia

Mesin yang digunakan dalam acara ini adalah superbike berbasis produksi, mirip dengan yang tersedia di sebagian besar toko superbike. Namun, mesinnya mungkin sedikit berbeda. Sepeda WSBK untuk sepeda MotoGP seperti mobil touring untuk mobil F1.

WSBK menarik karena pebalap diharapkan balapan dua kali dalam satu hari, grid umumnya lebih besar daripada di MotoGP dan balapan terkadang lebih ketat. Seperti halnya MotoGP, acara superbike diselenggarakan di lokasi yang berbeda sepanjang tahun, tetapi, dapat dimengerti, perbedaan utama antara dua kader balap superbike muncul dalam hal sponsor dan partisipasi.

MotoGP dan WSBK – perbedaannya dijelaskan

Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), badan pengatur balap motor, menyelenggarakan dan menjalankan dua kategori, tetapi keduanya sangat berbeda. Inilah cara mereka membandingkan.

MotoGP dipandang sebagai 'Formula 1' balap sepeda motor, puncak kompetisi roda dua. Sebelumnya dikenal sebagai kelas 500cc, banyak perubahan selama bertahun-tahun membuat perpindahan mesin MotoGP saat ini adalah 1000cc. Ini tetap menjadi salah satu kejuaraan motorsport paling menarik di dunia dan balapannya selalu gila.

Musim MotoGP ini memiliki 18 putaran, dengan setiap akhir pekan menampilkan tiga sesi latihan 45 menit; waktu seorang pebalap diperhitungkan apakah dia akan ambil bagian di segmen kualifikasi pertama atau kedua. 10 tercepat masuk ke QP2, sedangkan sisanya bersaing di QP1, dan dua tercepat maju ke babak kedua.

Waktu di bagian pertama akan menentukan posisi grid 13 dan di bawahnya, sedangkan bagian kedua akan menentukan posisi 12 teratas. Balapan pada hari Minggu biasanya menempuh jarak antara 95 dan 130km dan sekitar 40-45 menit, tergantung pada lintasannya.

Pit stop jarang terjadi tetapi diperbolehkan, terutama dalam kondisi basah ketika pengendara dapat beralih ke sepeda dengan spesifikasi ban yang berbeda. Poin diberikan kepada 15 besar, dari 25 untuk pembalap tercepat hingga satu poin untuk orang yang melewati garis di urutan ke-15.

Sepeda pada dasarnya adalah prototipe, tidak seperti yang terlihat di jalan. Ini berarti anggaran di MotoGP untuk pengembangan motor dan untuk tim dan pebalap jauh lebih tinggi.

Dibandingkan dengan MotoGP, mesin World Superbike lebih lambat, lebih berat dan lebih seperti motor yang Anda lihat di jalan. Seri ini secara teratur balapan di trek yang sama dengan MotoGP, memberi kami perbandingan waktu putaran yang baik. Di Motorland Aragon, misalnya, pole position WSBK untuk balapan kedua pada 2016 adalah 1:49.884, dibandingkan dengan 1:46.635 untuk MotoGP.

Seri WSBK menggunakan versi sepeda produksi yang sedikit dimodifikasi, dengan mesin dan elektronik spesifikasi produksi. Ini harus menjadi versi homologasi dari setiap superbike produksi yang tersedia untuk dibeli di seluruh dunia dan hanya ada sedikit ruang untuk inovasi atau mengubah sepeda itu sendiri; aturannya jauh lebih dibatasi.

Seperti MotoGP, usia minimal pembalap adalah 18 tahun. Meski sama-sama dijalankan oleh FIM, format race weekend tidak sama. Ada empat sesi latihan bebas yang tersebar di hari Jumat dan Sabtu, sebelum dua sesi 'Superpole', di mana grid ditentukan.

Ini sebenarnya telah terinspirasi oleh MotoGP, bagaimanapun, dengan waktu latihan gabungan menghasilkan pembalap tercepat pergi ke SP2 dan paling lambat ke SP1.

Segmen pertama akan melihat dua pembalap tercepat mencapai SP2 dan sisanya akan berbaris dari posisi 13. Bagian kualifikasi selanjutnya akan menentukan posisi 12 grid teratas.

Kemudian ada dua balapan, dengan jarak tidak lebih dari 110 km. Pada 2017, misalnya, ada 13 ronde, artinya total 26 balapan, dan sistem poinnya sama persis dengan MotoGP.

Sementara pembatasan diberlakukan sehubungan dengan penggantian sepeda, modifikasi dapat dilakukan pada knalpot, manajemen mesin, suspensi, rem dan beberapa bagian mesin. Berat minimum adalah 168kg dan daya berkisar dari 750cc hingga 1200cc tergantung pada jumlah silinder, dari dua hingga empat.

Sepeda dari Kawasaki ZX-10R hingga BMW S1000RR dan Aprilia RSV4 RF semuanya berlomba dalam seri ini dan secara teratur menghasilkan aksi yang mendebarkan di lintasan. Ini terlihat sebagai kelas di bawah MotoGP tetapi masih merupakan seri yang fantastis, dengan pembalap hebat dan beragam trek.

Setelah mengetahui perbedaan motogp dan wsbk, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!