Bagikan:

JAKARTA - Pebalap World Superbike (WSBK), Alvaro Bautista, bakal mengobati kerinduannya tampil di MotoGP. Ia bakal mengaspal di Sirkuit Sepang, Malaysia, lewat jatah wildcard.

GP Malaysia akan merupakan seri ke–18 musim 2023 yang akan berlangsung dari 10 hingga 12 November. Bautista akan terlibat langsung dalam ajang ini dan terbang ke Sepang dua minggu setelah penutupan musim WSBK 2023 di Jerez, Spanyol, akhir Oktober.

Keterlibatan Bautista dalam ajang MotoGP lewat statusnya sebagai pebalap wildcard ini juga akan menandai kali pertama Bautista kembali ke paddock MotoGP sejak terakhir kali tampil pada 2018.

Untuk kesempatan ini, Bautista mengaku senang dan menantikan momen kembali Sirkuit Sepang yang memang menyimpan momen untuknya.

"Saya sangat senang bisa balapan di MotoGP sebagai wildcard di Sepang, trek yang sangat saya sukai dan saya senang bisa kembali karena (bertepatan) kalender WSBK (juga sudah berakhir)," kata Bautista dikutip dari keterangan resmi WSBK, Senin 14 Agustus.

Sebagai persiapan, Bautista bahkan sudah mengikuti beberapa uji coba motor Ducati Desmosedici GP. Hasilnya Bautista mengatakan, sejauh ini ia sudah bisa menikmati dan bersenang-senang saat mengendarai motor tersebut.

Meski demikian, Bautista mengungkapkan tidak memiliki target tertentu dengan status wildcard-nya tersebut untuk balapan di Sepang. Baginya, kesempatan untuk kembali ke trek bersama para pembalap MotoGP lainnya November mendatang merupakan sebuah hadiah.

"Saya ingin mengatakan bahwa balapan MotoGP ini akan menjadi bonus bagi saya dan bukan prioritas. Itu sebabnya kami harus tetap fokus pada Kejuaraan WSBK, yang merupakan satu-satunya hal yang penting sekarang," ujar Bautista.

Di kelas WSBK, Bautista sedang berjuang pertahanan gelar musim ini dengan total 18 kemenangan. Pencapaian itu merupakan rekor baru kemenangan dalam satu musim.

Bautista juga mengoleksi 21 podium dari 24 balapan, tiga pole position dan masih kokoh berdiri di puncak klasemen.