Quartararo Kangen Bertarung dengan Marquez di MotoGP
Fabio Quartararo (Instagram @fabioquartararo20)

Bagikan:

JAKARTA – Marc Marquez masih belum bisa turun di lintasan balap MotoGP karena masalah cedera yang dideritanya. Ketiadaan pebalap Spanyol itu rupanya membuat juara bertahan Fabio Quartararo kangen.

Sebagian besar seri dalam dua musim terakhir MotoGP kehilangan salah satu pebalap terbaiknya. Masalah dimulai ketika Marquez kecelakaan pada seri awal musim 2020.

Absennya Marquez rupanya meninggalkan kerinduan di benak Quartararo. Pebalap berkebangsaan Prancis itu mengaku ingin bersaing lagi dengan Baby Alien.

"Dia tidak hanya menjadi bintang. Dia adalah idola olahraga pada umumnya. Saya benar-benar ingin bertarung dengannya lagi," kata Quartararo sebagaimana disitat dari Motosan.

Kecelekaaan di awal musim 2020 berbuntut panjang. Marquez harus absen lama sebelum kembali ke lintasan pada 2021 lalu saat balapan memasuki seri ketiga.

Meski demikian, pebalap 28 tahun itu masih berada di bawah bayang-bayang cedera sehingga ia tidak tampil maksimal. Ia hanya membukukan total empat podium dengan tiga kemenangan.

Di ujung musim 2021, ia pun harus kembali menepi karena didiagnosa menderita penglihatan ganda. Syahdan, Repsol Honda pun harus berjuang tanpa Marquez pada dua seri balapan terakhir musim itu.

"Marc telah absen selama lebih dari delapan bulan dengan cedera yang sangat serius, dan dapat dimengerti bahwa itu merugikan dia di awal," kata Quartararo.

Jadwal MotoGP 2022 akan dimulai pada 4-6 Maret 2022 di Sirkuit International Losail, Qatar. Sebanyak 20 Grand Prix bakal digelar di musim 2022, termasuk MotoGP Mandalika.

Musim ini dimulai dengan tes resmi di ujung bulan ini di Sirkuit Sepang, Malaysia. Tes berlanjut ke Mandalika sebelum berlanjut ke seri perdana 2022.