Nama Rossi akan Diabadikan Jadi Salah Satu Trofi MotoGP
Valentino Rossi (Twitter @ValleYellow46)

Bagikan:

JAKARTA - Nama Valentino Rossi dikenal sebagai pebalap yang punya segudang prestasi dan catatan apik di lintasan balap MotoGP. Namun, mulai musim 2022 mendatang para penggemar tak bisa lagi menyaksikan aksi sang idola lantaran keputusannya untuk pensiun.

Melihat capaian prestasi sang pebalap, Dorna Sport selaku promotor MotoGP berencana memberikan apresiasi atas apa yang telah dicapai Rossi sepanjang kariernya.

Dikutip dari Corsedimoto, Kamis, 30 Desember, nama The Doctor akan diabadikan sebagai nama trofi salah satu penghargaan yang tersedia di MotoGP.

Keputusan Dorna Sport ini merujuk pada sosok Rossi yang memang begitu dicintai banyak orang bukan hanya karena mengoleksi 9 gelar dunia, 235 podium, dan 115 kemenangan, melainkan juga karena karismanya.

Karakternya yang humoris serta ramah diakui mampu mengubah MotoGP menjadi kejuaraan olahraga yang global hingga punya jaringan fans di seluruh dunia.

Dengan prestasi mentereng dan perannya yang penting dalam mengembangkan balap motor ini, Rossi sebelumnya juga dianugerahi gelar MotoGP Legend dalam gelaran FIM MotoGP Awards 2021 di Valencia, tepat pada malam hari setelah ia menjalani balapan terakhirnya.

Tapi bagi Dorna Sport, hal itu masih belum cukup hingga mereka berniat memberi apresiasi lain berupa penyematan nama trofi. Sebab, sang pebalap sendiri sebelumnya sangat vokal menolak namanya diabadikan sebagai nama tikungan, serta menolak nomor balapnya, #46, dipensiunkan.

Bentuk apresiasi kepada Rossi ini sepertinya akan mulai diterapkan pada musim depan. Tapi, hingga kini Dorna Sport masib belum menentukan trofi mana yang akan diberi nama Valentino Rossi Trophy.

Namun, yang jelas trofi itu akan diberikan kepada salah satu penghargaan di kelas tertinggi. Rumor yang beredar menyatakan, trofi itu akan diberikan kepada rider MotoGP yang mengoleksi lap tercepat  paling banyak dalam satu musim.