7 Julukan Pembalap MotoGP yang Terkesan “Nyeleneh” Bahkan Tak Nyambung dengan Profesi Mereka
Ilustrasi MotoGP 2022 (MotoGP)

Bagikan:

YOGYAKARTA –  Julukan yang disematkan kepada pembalap MotoGP kadang unik, aneh, hingga terkesan nggak nyambung dengan profesi yang mereka jalani. Namun, hal itu justru jadi nilai tambah bagi mereka. Ada banyak julukan pembalap MotoGP yang mungkin akan membuat Anda terheran-heran.

Julukan Pembalap MotoGP

Meski aneh, julukan yang diberikan penggemar kepada para pembalap justru jadi ciri khas tersendiri. Sejarah julukan mereka pun berbeda-beda. Berikut beberapa julukan yang berhasil dirangkum, diambil dari berbagai sumber.

1. The Doctor untuk Valentino Rossi

Siapa tak kenal dengan Valentino Rossi. Pembalap ini bahkan memiliki penggemar di Indonesia. Di kancah MotoGP, Rossi dijuluki dengan The Doctor. Julukan yang disematkan kepadanya tentu tak berhubungan dengan profesi Rossi.

Ternyata, The Doctor diberikan kepada Rossi karena rider Italia tersebut awalnya ingin jadi seorang dokter. Namun ada pula yang mengatakan bahwa julukan tersebut ada karena Rossi selalu berpikir keras dan bekerja keras di sirkuit. Etos kerja Rossi disebut seperti layaknya seorang dokter.

2. The Baby Alien untuk Marc Marquez

Marc Marquez dijuluki The Baby Alien oleh penggemarnya. Nama julukan untuk Marquez bahkan terkesan menyimpang jauh. Ternyata, awal mula julukan Marquez ini karena kehebatannya saat menjuarai kompetisi dunia di usia yang masih muda. Meski terkesan aneh, Marquez tak mempermasalahkan julukan Alien yang disematkan untuknya.

3. El Diablo untuk Fabio Quartararo

Julukan untuk Fabio Quartararo lebih sangar lagi, yakni El Diablo yang artinya adalah Sang Iblis. Nama alias ini dianggap cukup menyeramkan, tetapi nama ini justru jadi ciri khas Fabio Quartararo. Ternyata julukan ini diberikan untuknya jauh sebelum ia terjun ke MotoGP. Rider Yamaha itu menjelaskan bahwa El Diablo disematkan kepadanya sejak masih kecil. Saat itu ia memiliki helm bergambar iblis yang jadi ciri khasnya.

4. Top Gun untuk Maverick Vinales

Maverick Vinales mendapat julukan Tog Gun dari sang ayah, Angel Vinales karena terinspirasi tokoh utama bernama Pete Maverick Mitchell yang ada di film Top Gun. Di film tersebut salah satu tokohnya berperan sebagai pilot pesawat tempur American F14 Tomcat yang memiliki kecepatan tinggi.

5. Einstein untuk Miguel Oliveira

Di kehidupan nyata, Einstein adalah seorang ilmuan penemu teori relativitas yang terkenal dan jenius. Namun Miguel Oliveira justru mendapat nama ini gara-gara ia kerap melakukan selebrasi kemenangan dengan menjulurkan lidah di depan kamera di momen kemenangannya saat MotoGP Stiria 2020 dan GP Catalunya.

Miguel Oliveira juga dianggap pembalap cerdas karena melanjutkan pendidikannya di jurusan kedokteran gigi meski ia berlaga di sirkuit.

6. King of Fall untuk Pol Espargaro

Julukan King of Fall dibeirkan untuk pembalap asal Spanyol ini lantaran Pol Espargaro dianggap sering jatuh selama paruh pertama MotoGP 2021. Di laman resmi MotoGP dikataan bahwa Espargaro tercatat jatuh sebanyak 13 kali sejak seri pembuka GP Qatar sampai GP Belanda akhir. Julukan ini masih berhubungan dengan profesi Pol Espargaro.

7. Por Fuera untuk Jorge Lorenzo

Nama Jorge Lorenzo juga cukup akrab di telinga masyarakat Indonesia. Julukan Por Fuera untuk Jorge Lorenzo ini ada karena ia kerap menyalip lawannya dari sisi luar. Por Fuera sendiri diambil dari bahasa Spanyol yang berarti sisi luar.

Aksi salip sisi luar Lorenzo muncul pertama kali saat ia menang di GP Brasil tahun 2003 kelas GP125. Ketika itu ia memenangkan balapan karena berhasil menyalip Casey Stoner dan Dani Pedrosa sekaligus dari sisi luar.

Itulah beberapa julukan pembalap MotoGP yang unik. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, kunjungi VOI.ID.