Aturan Baru di MotoGP dan Mengenal Sprint Race
Ilustrasi MotoGP (Foto: Dok. MotoGP)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahun 2023 ini, ada sejumlah aturan baru di MotoGP yang sebelumnya sudah disepakati oleh Grand Prix Commission (GPC). Aturan baru tersebut mencakup beberapa hal seperti perolehan poin hingga hal-hal teknis lain terkait balapan Sprint Race MotoGP 2023.

Aturan Baru di MotoGP

Seperti diketahui, kompetisi resmi MotoGP 2023 akan segera digelar. Yang menjadi pembuka kompetisi tersebut adalah GP Portugal yang digelar pada 26 Maret 2023 nanti.

Musim ini nampaknya akan berbeda dengan musim lalu. Pasalnya MotoGP 2023 menerapkan format baru, terlebih dengan adanya format Sprint Race. Secara umum Sprint Race adalah balapan jarak pendek Grand Prix. Balapan ini akan digelar di tiap Grand Prix yakni pada hari Sabtu.

Aturan juga menyangkut kondisi saat balapan berhenti di tengah jalan. Berikut ini penjelasannya.

  1. Balapan tidak bisa dilanjut jika pebalap GP tak mencapai minimal tiga lap. Pembalap juga tak akan mendapat poin.
  2. Pembalap akan mendapat hadiah separuh poin jika pembalap berhasil mencapai lebih dari tiga lap namun kurang 50 persen total lap.
  3. Pembalap akan mendapat poin penuh atau 25 poin jika capaian lebih dari 50 persen.
  4. Sedangkan terkait format balap, khusus Moto2 dan Moto3, tiga sesi latihan di hari Jumat dan Sabtu akan digunakan untuk menentukan pembalap yang masuk ke ke Q1 dan Q2.

Sedangkan aturan terkait teknis adalah sebagai berikut.

  1. Maksimal kapasitas bahan bakar sprint MotoGP yakni 12 liter. Tim dibebaskan untuk membuat tangki khusus dengan kapasitas tersebut untuk sprint.
  2. Ground clearance motor akan ditinggikan kisaran 15 mm sampai 35 mm.
  3. Bahan tangki yang diizinkan adalah baja atau aluminium. Namun diperbolehkan menggunakan bahan lain seperti karbon atau fiberglass namun harus menambah kekakuan, kekuatan, dan proteksi menggunakan alloy magnesium atau alloy aluminium.
  4. Akan ada pedoman baru bagi para pabrikan vendor yang membuat peralatan balap seperti baju. Selain itu helm yang dikenakan harus berlabel homologasi dari FIM yang berlaku sampai dengan akhir 2025.

Mengenal Sprint Race MotoGP

Sprint Race MotoGP adalah balapan pendek yang diadakan tiap Sabtu sore di setiap ronde. Balapan ini diadakan untuk menambah antusiasme masyarakat sebelum diadakan balapan di hari Minggu, tepatnya pada pukul 15.00 hari waktu setempat. Sedangkan jarak lintasan adalah kisaran setengah atau 50 persen  panjang balapan normal.

Poin yang dikejar dalam Sprint Race adalah setengah dari balapan normal. Sebagai contoh, seorang pembalap normal butuh 25 poin untuk bisa berdiri di podium uatam di balapan Minggu. Sedangkan kebutuhan Sprint Race hanya 12 poin. Adapun aturan poin dalam balapan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Posisi 1 : 12
  • Posisi 2 : 9
  • Posisi 3 : 7
  • Posisi 4 : 6
  • Posisi 5 : 5
  • Posisi 6 : 4
  • Posisi 7 : 3
  • Posisi 8 : 2
  • Posisi 9 : 1

Patut diketahui bahwa Sprint Race tak menentukan grid di Grand Prix. Balapan tersebut bersifat bebas dan pembalap tak harus mempertimbangkan posisi grid di balapan Minggu.

Itulah informasi terkait aturan baru di MotoGP. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.