Format MotoGP 2023 Berubah, Mulai Diterapkan di GP Inggris Agustus Mendatang
MotoGP 2023 menggunakan format baru. (Foto: Twitter/@MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Format MotoGP 2023 kembali mengalami perubahan. Aturan baru yang ditetapkan itu akan mulai diberlakukan saat GP Inggris dimulai pada Agustus mendatang.

Dikutip dari laman resmi MotoGP pada Selasa, 18 Juli, satu hari sebelumnya atau Senin 17 Juli Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) telah menetapkan perubahan. Hal itu meliputi format latihan bebas yang diatur menjadi lebih ringkas.

Jika pada aturan sebelumnya sesi latihan bebas (FP) 1 dan 2 diselenggarakan pada hari bersamaan, aturan baru menyatakan, dua agenda tersebut akan digelar di hari yang berbeda.

Terkait aturan itu, Dorna Sport selaku operator balap telah menetapkan balapan hari Jumat akan dimulai dengan sesi FP1. Berdurasi selama 45 menit agenda itu akan dilangsungkan di pagi hari.

Setelah FP1 di pagi hari, para pebalap akan diberikan waktu berlatih selama 60 menit. Sesi inilah yang kemudian dijadikan tolok ukur bagi para pembalap untuk lolos otomatis ke Q2 atau harus lebih dulu melewati Q1.

Jika pada aturan sebelumnya FP2 juga dilangsungkan pada Jumat siang, kini agenda itu bergeser ke hari Sabtu pagi. Dalam format baru FP2 pun hanya berdurasi 30 menit.

Kemudian sesi lanjutan setelah FP2 adalah Kualifikasi I (Q1) dan Kualifikasi 2 (Q2) yang masing-masing berlangsung selama 15 menit.

Setelah babak kualifikasi rampung, para pembalap bakal bersaing di sesi sprint race yang jadi penentu pole position.

Untuk format balapan di hari Minggu masih akan berlangsung seperti sebelumnya tanpa ada perubahan. Agenda Minggu akan dimulai dengan pemanasan berdurasi 10 menit dan dilanjutkan ke sesi race atau balapan utama.

MotoGP 2023 menjadi musim paling radikal dalam perubahan format. Di awal musim ini Dorna bahkan telah memberlakukan Sprint Race sebagai format baru.

Berikut Format Baru MotoGP 2023

Jumat

Pagi: FP1 (45 Menit)

Siang: Latihan (60 Menit -Penentuan Lolos ke Q2)

Sabtu

Pagi: FP2 (30 Menit)

Q1 (15 Menit)

Q2 (15 Menit)

Minggu

Pemanasan

Balapan (Race)