Pebalap Tim asal Malaysia Andrea Dovizioso Pensiun dari MotoGP setelah Grand Prix San Marino, Penggantinya Orang Lama
Pebalap tim RNF Yamaha Racing, Andrea Dovizioso. (FOTO/INSTAGRAM @andreadovizioso)

Bagikan:

JAKARTA — Pebalap tim RNF Yamaha Racing, Andrea Dovizioso, memutuskan pensiun dari MotoGP. Ia bakal mengakhiri kariernya setelah balapan Grand Prix San Marino, pada September nanti.

Kabar mengejutkan diumumkan tim RNF Yamaha pada Kamis, 4 Agustus. Posisi pebalap asal Italia itu akan digantikan oleh pebalap senior lainnya, Cal Crutchlow.

Cal Cruthlow sendiri bukan orang baru di MotoGP. Dia sebelumnya pernah menggeber motor satelit Yamaha dan juga Honda.

"Andrea Dovizioso akan pensiun dari balapan setelah Grand Prix San Marino," demikian tulis pernyataan MotoGP dalam laman resmi mereka.

Kabar pebalap 36 tahun ini meninggalkan MotoGP sudah muncul beberapa bulan terakhir. Ia sebelumnya dikabarkan akan menyelesaikan musim 2022 sebelum menyudahi karier.

Namun, belakangan ia merasa tidak bisa bersaing lagi di lintasan lomba motor paling bergengsi itu. Perasaan itulah yang membuatnya memutuskan pensiun di tengah musim berjalan.

"Sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir MotoGP telah banyak berubah. Situasinya sangat berbeda sejak saat itu. Saya tidak pernah merasa nyaman dengan motor," katanya.

Balapan di San Marino akan berlangsung pada 4 September terdekat setelah GP Inggris dan Austria. Setelah balapan San Marino, MotoGP masih menggelar enam seri lagi.

Selama di MotoGP Dovizioso tercatat menjadi juara sebanyak 24 kali. Mantan juara dunia 125cc 2004 ini juga pernah menjadi runner up ketika masih memperkuat tim Ducati.