Mengenal Sprint Race MotoGP, Aturan Format Balapan Baru Mulai 2023
MotoGP akan digelar di Kazakhstan. (Foto: Dok. MotoGP)

Bagikan:

YOGYAKARTA - MotoGP akan menerapkan sistem baru bernama Sprint Race mulai musim depan. Sprint Race akan mulai diberlakukan disemua Grand Prix mulai tahun 2023. Pernyataan ini disampaikan langsung saat konferensi pers pada Sabtu (20/8) yang dihadiri oleh FIM, IRTA, MSMA, dan Dorna Sports. 

Sprint Race pada MotoGP berbeda dengan Sprit Race di Formula 1 dan WorldSBK. Sprint Racer MotoGP bukan sistem menentukan posisi strating grid untuk balapan minggu, melainkan hanya menambah porsi balapan. 

Apa Itu Sprint Race MotoGP?

Sprint Race MotoGP adalah balapan singkat yang diselenggarakan pada hari Sabtu sore di setiap ronde guna menambah antusiasme penggemar sebelum digelarnya balapan hari Minggu. Sistem Sprint Race tidak akan menggantikan sesi kualifikasi Q1 dan Q2 normal, yang akan menentukan grid untuk balapan Sprint dan Minggu. 

Balapan sprint race akan diadakan pada pukul 15.00 hari Sabtu setiap Grand Prix dengan kisaran setengah atau 50% dari jarak balapan normal. Prosedur dalam kompetisi Sprint memiliki grid 15 menit. Sementara aturannya akan sama dengan balapan Grand Prix full-length yang digelar di hari Minggu. 

Sementara itu, poin yang dikejar dalam balapan Sprint Race juga hanya setengah dari balapan normal. Misalnya jika seorang pebalap memerlukan 25 poin untuk merebut podium utama di balapan Minggu, maka Sprint Race hanya butuh 12 poin. 

Berikut ini penilain atau aturan poin dalam Sprint Race MotoGP

- Posisi 1 : 12

- Posisi 2 : 9

- Posisi 3 : 7

- Posisi 4 : 6

- Posisi 5 : 5

- Posisi 6 : 4

- Posisi 7 : 3

- Posisi 8 : 2

- Posisi 9 : 1

Sprint Race Tidak Menentukan Grid untuk Grand Prix

Sprint Race tidak menjadi penentu pada grid untuk balapan Grand Prix. Bisa dikatakan balapan hari Sabtu ini sistemnya bebas. Pembalap tidak perlu mempertimbangkan posisi grid hari Minggu. Grid untuk balapan Sprint dan balapan Grand Prix akan ditetapkan dari kualifikasi, yang akan mempertahankan format Q1-Q2.

Format baru dalam balapan MotoGP ini akan meningkatkan peluang keterlibatan bagi penggemar, penyiar, dan media di seluruh acara dan meningkatkan profil kelas MotoGP™ tanpa mengurangi kelas Moto2™ dan Moto3™.

Perubahan Format Balapan Akhir Pekan

Adanya sistem Sprint Race menghadirkan format baru pada balapan akhir pekan MotoGP. Pebalap MotoGP akan memiliki dua sesi latihan pada hari Jumat, yang yang waktunya lebih lama. Hasil gabungan dari FP1 dan FP2 akan menentukan pebalap yang masuk ke kualifikasi 2. 

Lalu akan ada satu sesi latihan bebas selama 30 menit pada hari Sabtu pagi dengan regulasi yang mirip dengan FP4, yang diikuti Q1 dan Q2. Setelah itu, Sprint Race akan diadakan sore harinya pukul 15.00 waktu setempat. 

Itulah penjelasan mengenai sistem baru Sprint Race pada MotoGP musim depan. Penyelengaraan Sprint Race bertujuan untuk menciptakan ajang balapan yang lebih menarik pada balapan hari Minggu.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.