Ada Perubahan, Ini Jadwal Baru Balapan MotoGP Australia 2023
Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia, saat melahap sirkuit Philip Island, venue MotoGP Australia. (Foto: Twitter/@ducaticorse)

Bagikan:

JAKARTA - Balapan utama MotoGP Australia 2023 yang digelar di Sirkuit Philip Island mengalami perubahan jadwal. Cuaca buruk dengan hujan yang disertai angin kencang yang diperkirakan terjadi membuat Dorna Sport membuat langkah antisipasi.

Chief Sporting Officer Dorna Sports, Carlos Ezpeleta mengatakan, keputusan mengubah jadwal balap itu diambil setelah berkonsultasi dengan Australian Grand Prix Corporation. Hingga Jumat ini, pihak Dorna telah menunggu untuk mendapatkan perkiraan cuaca terbaik yang bisa didapatkan dari biro resmi.

“Kami memiliki referensi yang sangat baik tentang toleransi kami di sirkuit ini terhadap angin setelah harus mengibarkan bendera merah pada sesi kualifikasi di tahun 2019,” ujar Carlos, dikutip dari Crash pada Jumat, 20 Oktober.

Carlos mengatakan situasi tak kondusif dan berisiko sempat terjadi saat agenda MotoGP berlangsung di Australia tahun 2019 lalu. Berkaca pada pengalaman itu, pihaknya tak ingin situasi balapan utama hari Minggu nanti mirip dengan yang dialami empat tahun lalu.

Dorna juga selalu mengatakan, keselamatan pebalap, para penggemar yang hadir serta seluruh orang yang terlibat dalam gelaran MotoGP adalah hal utama. Untuk itu, mereka tak keberatan untuk menggeser jadwal balapan utama ke waktu yang lebih kondusif.

"Setelah bertemu dengan tim-tim, kami sepakat untuk memindahkan Sprint dari Sabtu ke Minggu, dan kemudian balapan utama dari Minggu ke Sabtu, pada waktu yang kurang lebih sama,” kata Carlos melanjutkan.

Dorna menilai akan lebih penting untuk menggelar balapan utama dalam kondisi aman dibandingkan sprint race. Semua pihak juga sudah menyetujui usulan tersebut.

"Satu hal yang berubah dari masa lalu adalah format baru MotoGP, semua orang di paddock sudah siap untuk balapan besok sore. Jadi itu jelas membuka jalan untuk perubahan seperti ini," ujarnya.

Berikut Jadwal Baru MotoGP Australia 2023

Sabtu, 21 Oktober 2023

06:10-06:40 WIB MotoGP Free Practice Nr. 2

06:50-07:05 WIB MotoGP Qualifying Nr. 1

07:15-07:30 WIB MotoGP Qualifying Nr. 2

11:10 WIB MotoGP Race (27 Laps)

Minggu, 22 Oktober 2023

10:00 WIB MotoGP Sprint Race (13 Laps) - jika kondisi di sirkuit memungkinkan.