Bagikan:

JAKARTA – Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang sedang membela klub Italia Venezia, Jay Idzes, mengalami masalah paru-paru.

Klub dalam keterangan resminya pada Kamis, 19 Oktober kemarin, mengatakan Jay didiagnosa terkena trombosis vena dengan mikro emboli paru.

"Venezia FC mengumumkan bahwa Jay Idzes terkena trombosis vena dengan mikro emboli paru," demikian keterangan Venezia yang dikutip pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Emboli paru adalah penyumbatan di salah satu arteri pulmonalis di paru-paru. Dalam kebanyakan kasus, emboli paru disebabkan oleh gumpalan darah yang mengalir ke paru-paru dari vena dalam di kaki, atau dalam kasus yang jarang, dari vena di bagian lain dari tubuh (deep vein thrombosis).

Karena gumpalan menghalangi aliran darah ke paru-paru, emboli paru bisa mengancam jiwa. Penyebab emboli paru umumnya terjadi akibat gelembung udara atau gumpalan darah yang muncul ada lebih dari satu.

Masalah ini membuat Jay pun sempat menjalani rawat inap di Giovanni XXIII di Monastier. Kondisinya sekarang sudah pun membaik dan telah dipulangkan.

"Intervensi dari staf medis klub memungkinkan untuk mencapai diagnosis yang cepat dan mengatur terapi yang tepat," tulis Venezia.

"Saat ini Idzes telah dipulangkan dan dalam kondisi fisik yang baik. Waktu pemulihan untuk kembali ke aktivitas kompetitif pemain berusia 23 tahun ini akan ditentukan pada tindak lanjut medis dan kesehatan berikutnya," tambah mereka.