Selangkah Lagi Proses Naturalisasi Tuntas, Jay Idzes Ambil Sumpah WNI pada 28 Desember 2023
Jay Idzes sebentar lagi resmi menjadi WNI (Instagram/@jayidzes).

Bagikan:

JAKARTA - Proses naturalisasi Jay Idzes selangkah lagi tuntas. Pemain Venezia itu hanya tinggal melakukan pengambilan sumpah warga negara Indonesia (WNI) yang akan digelar pada Kamis, 28 Desember 2023.

Setelah proses itu dilakukan, Idzes dinyatakan resmi menyandang status WNI. Kabar baik soal perkembangan proses naturalisasi Idzes ini dibagikan oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

“Jay (Idzes) saja yang akan menjalani pengambilan sumpah (WNI) tanggal 28 Desember 2023 pukul 09.00 WIB. Itu (pengambilan sumpah WNI) di Kemenkumham, Cawang,” kata Yunus Nusi dalam keterangan yang dikutip pada Rabu, 27 Desember 2023.

Dalam keterangan sama, Yunus Nusi menjelaskan bahwa dalam proses pengambilan sumpah WNI hanya untuk Idzes. Nathan Tjoe-A-On yang menjalani proses naturalisasi bersama Idzes tak ikut pengambilan sumpah karena harus memperkuat timnya, Swansea City.

Lampu hijau terkait naturalisasi Idzes dimulai ketika awal Desember 2023. DPR RI menyetujui permohonan naturalisasinya bersama dengan Tjoe-A-On dalam Sidang Paripurna di Senayan, Jakarta.

Meski akan menyandang status WNI dalam beberapa hari ke depan, kenyataannya Idzes tak bisa turut andil dalam agenda Timnas Indonesia terdekat, yaitu Piala Asia 2023 pada Januari 2024.

Soalnya, nama Idzes tidak didaftarkan oleh Shin Tae-yong yang saat ini tengah memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia di Turki.