Bagikan:

JAKARTA - Proses naturalisasi Justin Hubner akhirnya sudah di depan mata. Pemain Wolverhampton Wanderers itu akan menjalani pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) pada Rabu, 6 Desember 2023.

Calon pemain Timnas Indonesia itu akan melakukan sumpah WNI itu Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta.

“Pengambilan sumpahnya (Justin Hubner) di Kanwil Kemenkumham DKI, Rabu, pukul 09.30 WIB,” begitu kabar tertulis yang diterima terkait proses naturalisasi Justin Hubner dikutip pada Rabu, 6 Desember 2023.

Sebelumnya diketahui bahwa Hubner sudah tiba di Tanah Air pada dini hari tadi, setelah melewati perjalanan dari Inggris ke Indonesia.

Dengan pengambilan sumpah WNI yang bakal digelar hari ini, hal itu membuka lebar peluang Hubner untuk membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Ajang tersebut akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Justin Hubner menjalani proses naturalisasi sebab ia masih punya darah Indonesia dari kakeknya, Ferdinand Rudolf Hubner.

Apalagi Ferdinand Rudolf Hubner sendiri lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 11 Agustus 1948.

Hubner menjadi pemain naturalisasi keenam di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong. Sebelumnya sudah ada Sandy Walsh, Jordi Amat, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Tak hanya Hubner, rencananya Timnas Indonesia masih akan menambah dua pemain keturunan lain lewat proses naturalisasi.

Mereka ialah Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On yang berkasnya sudah disetujui pemerintah di Sidang Paripurna DPR RI, Selasa, 5 Desember 2023.