Ketum PSSI Bagikan Kabar Baik, Naturalisasi Justin Hubner Masuki Tahap Akhir
Justin Hubner tinggal selangkah lagi resmi jadi Warga Negara Indonesia (WNI). (dok PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir membagikan kabar baik terkait proses naturalisasi Justin Hubner. Ia menyebut proses kewarganegaraan pemain kelahiran Belanda itu sudah memasuki tahap akhir.

Justin Hubner yang juga bermain untuk klub Eropa, Wolves hanya tinggal selangkah lagi resmi jadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Kata Erick Thohir, prosesnya hanya tinggal menunggu keputusan dari Presiden RI, Joko Widodo kemudian pengambilan sumpah menjadi WNI.

“Setelah pembicaraan lebih lanjut, proses naturalisasi salah satu pemain kelahiran Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia, Justin Quincy Hubner, sudah masuk tahap akhir,” kata Erick Thohir melalui Instagram pribadinya dikutip pada Jumat, 3 November malam.

“Selanjutnya tinggal menunggu keputusan presiden dan pengambilan sumpah kewarganegaraan Republik Indonesia,” lanjutnya

Hubner memiliki darah Indonesia dari sang ayah, sedangkan ibunya warga asli Belanda. Pemain berposisi bek tengah ini awalnya diminati Shin Tae-yong selaku pelatih kepala timnas Indonesia untuk menjadi bagian dari skuad Timnas U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Meskipun pada kenyataannya Indonesia batal tampil di Piala Dunia U-20 2023, keinginan Justin Hubner untuk berseragam Merah Putih tidak surut. Erick Thohir berharap proses naturalisasi Hubner menjadi WNI bisa berjalan dengan lancar karena menurutnya ini menjadi salah satu kabar baik untuk kemajuan sepak bola Indonesia.

“Semoga semua tahapan akan berjalan dengan lancar demi memajukan sepak bola tanah air,” kata Erick.

Proses naturalisasi Justin Hubner sejatinya telah berjalan bersamaan dengan Ivar Jenner dan Rafael William Struick. DPR telah menyetujui proses naturalisasi ketiganya melalui sidang paripurna ke-19 Masa Sidang IV tahun sidang 2022-2023. Saat itu, proses Hubner sempat maju-mundur, tapi kini sang pemain sudah menunjukkan komitmen yang jelas.