Bagikan:

JAKARTA - Justin Hubner resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah menyelesaikan proses naturalisasi.

Status barunya itu membuka peluang besar untuk ikut terlibat dalam Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Namun demikian, Hubner masih harus menyelesaikan perpindahan federasi dari negara asalnya, Belanda. Soal itu, PSSI memberikan kabar baik.

Arya Sinulingga selaku anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI menyebut seluruh proses naturalisasi Justin Hubner telah tuntas. Kini, dia hanya tinggal menunggu korespondensi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

“(Justin) Hubner juga sudah selesai semuanya (proses naturalisasi). Saat ini kami tinggal menunggu surat dari pimpinan federasinya (KNVB) dan surat ke FIFA. Kami (PSSI) sudah mengirim surat juga,” kata Arya Sinulingga dalam keterangannya pada Senin, 11 Desember 2023.

Hubner telah resmi menjadi WNI setelah mengambil sumpah sebagai warga negara Indonesia di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham RI, Jakarta, pada Rabu 6 Desember 2023.

Bek tengah berusia 20 tahun hanya tinggal menunggu rampungnya proses perpindahan federasi. Meski proses itu belum selesai, nama Hubner sudah dimasukkan ke daftar 50 pemain Timnas Indonesia yang diserahkan kepada AFC.

Adapun daftar tersebut merupakan roster pemain untuk Piala Asia 2023. Keikutsertaan Hubner dalam daftar pemain itu bahkan telah dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi.

Kehadiran Hubner diharapkan membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bisa meramu taktik jitu kala menghadapi Vietnam, Irak, dan Jepang di fase grup Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia akan berkekuatan 23 pemain di Piala Asia 2023. Sebelum adanya pencoretan, sebanyak 30 pemain Tim Merah-Putih akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki mulai 20 Desember 2023.