Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia terus melakukan persiapan menjelang Piala Asia 2023 di Qatar. Terbaru, ada 50 nama pemain yang didaftarkan, termasuk Justin Hubner.

Tenggat waktu pendaftaran pemain untuk Piala Asia 2023 di Qatar ditutup pada Minggu, 10 Desember 2023. Nama Justin Hubner masuk dalam 50 pemain Timnas Indonesia yang didaftarkan karena dia baru menuntaskan proses naturalisasi.

Kabar bahwa Hibner masuk dalam daftar pemain di Piala Asia 2023 dikonfirmasi oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Ia membenarkan bahwa pemain naturalisasi itu memang diboyong dalam skuad.

“Iya itu (Justin Hubner masuk daftar 50 pemain yang dibawa ke Piala Asia 2023) benar,” kata Yunus Nusi saat dimintai konfirmasi daring pada Senin, 11 Desember 2023.

Setelah mengirim entry by name para pemain kepada AFC, nantinya akan mengerucut menjadi 30 pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan (TC) di Turki. Lalu, dalam TC nanti akan ada tujuh pemain yang dicoret.

Keputusan itu berdasarkan ketetapan AFC yang menyebut bahwa jumlah pemain pada skuad peserta di Piala Asia 2023 hanya diizinkan sebanyak 23 orang.

Terlepas dari jumlah pemain yang bakal mengerucut, masuknya Justin Hubner dalam daftar pemain Tim Merah-Putih jelas menjadi kabar baik. Sekaligus, hal itu menegaskan bahwa proses perpindahan federasi Hubner sudah rampung.

Kehadiran Hubner tentu akan menjadi amunisi berharga bagi Skuad Garuda karena selama TC nanti mereka juga akan menghadapi lawan-lawan berat dalam laga uji coba.

Skuad Garuda akan menghadapi Libya di Antalya, Turki, pada 2 dan 5 Januari 2024. Kemudian, mereka akan melawan Iran pada 9 Januari 2024 di Doha, Qatar.

Pada Piala Asia 2023, Timnas Indonesia ada di Grup D bersama Vietnam, Irak, dan Jepang yang merupakan lawan-lawan tangguh dan ujian berat untuk lolos ke babak lanjutan.